Tutorial Bikin Film Sinematik Menggunakan HP, Bagaimana Caranya?

Jum'at, 10 Maret 2023 - 20:59 WIB
Ferry Rusli merekam video Share The Epic menggunakan Samsung Galaxy S23 Ultra di kondisi pencahayaan low light. Foto: dok Samsung
JAKARTA - Kecanggihan kamera, chipset , AI, serta pemrosesan gambar di smartphone memungkinkan pengguna bisa merekam video sinematik, yang bahkan hampir tidak bisa dibedakan dengan kamera profesional.

Ini yang terlihat dalam video klip bertajuk “Share the Epic” yang sepenuhnya direkam menggunakan Galaxy S23 Ultra 5G. Video tersebut dibintangi aktris dan penyanyi seperti Raisa, Dian Sastrowardoyo, Vonzy, Jerome Polin, dan Lyodra, serta disutradarai Ferry Rusli.

“Sebenarnya kami ingin menunjukkan bagaimana teknologi di kamera smartphone sudah sangat canggih. Misalnya di Galaxy S23 Series 5G ada fitur seperti Nightography hingga improved image stabilization. Sehingga penggna bisa membuat konten profesional lewat HP mereka,” beber Verry Octavianus, MX Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Ferry Rusli yang juga sinematografer film “Love for Sale” membeberkan bagaimana proses pengambilan video klip profesional hanya menggunakan HP. Termasuk, berani mengambil video di kondisi pencahayaan rendah.

Nah, berikut tutorial Ferry Rusli memanfaatkan smartphone Galaxy S23 Ultra 5G untuk membuat video klip “Share the Epic”:



1. Mode 8K di 30 fps

Untuk merekam video dengan resolusi tinggi tajam, Ferry memiliki trik khusus. Yakni, memakai mode 8K di 30fps.

2. Pro Video

Untuk mendapatkan hasil gambar sesuai keinginan, Ferry memilih memakai mode manual atau Pro. “Fungsinya untuk memastikan cahaya di video selalu pas, tidak overexposure, tidak underexposure. Misalnya ketika saya pakai ISO di 1600 untuk merekam scene malam yang paling minim cahaya. Hasil reduksi noise-nya jadi maksimal,” ujar Ferry.

3. Nightography

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More