6 Rangkuman Hasil Pencarian Google di 2022, Mulai Inflasi, Kebebasan Finansial, hingga Kendaraan Listrik

Kamis, 16 Februari 2023 - 12:44 WIB
Google membagikan pertumbuhan hasil pencarian tertinggi pada sejumlah kata kunci. Foto: dok ZDnet
JAKARTA - Laporan terbaru Google membuktikan apa yang viral dan populer di media sosial ternyata berdampak juga di hasil pencarian Google Search.

Berdasarkan data Google Trends (September 2021-September 2022, Desember 2021-Desember 2022) dan laporan e-Conomy SEA 2022, Google menyoroti sejumlah tren menarik dari hasil pencarian keyword oleh pengguna internet di Indonesia.

“Ada beberapa catatan, misalnya setelah pandemi panjang orang kini dihadapkan dengan kondisi ekonomi global yang penuh ketidakpastian, banyak orang Indonesia mengajukan sejumlah pertanyaan mendalam kepada Google seperti kenapa harga naik dan apa itu inflasi,” ungkap Yolanda Sastra, Head of Ads Marketing, Google Indonesia.

Nah berikut rangkuman hal-hal yang paling menarik dari hasil pencarian Google Indonesia selama 2022 silam:

1. Suka membandingkan



Lirik lagu Ojo Dibandingke agaknya tidak relevan dengan hasil pencarian Google. Sebab, penelusuran untuk “bandingkan dengan” naik 50% year-over-year (YoY). Ini karena pembeli meluangkan waktu untuk membandingkan produk sebelum membuat keputusan pembelian.

2. Review konsumen

Ulasan konsumen tetap jadi pertimbangan penting sebelum membeli produk. Penelusuran untuk “review konsumen” naik 60% YoY, penelusuran “buffet restaurant” naik 60% YoY. Juga, ada peningkatan minat penelusuran sebesar 20% YoY untuk “produk original”.

3. Remote work hingga financial freedom
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More