Buntut Chatbot AI Bard Gagal Beri Jawaban yang Tepat, Karyawan Google Kecam CEO Sundar Pichai

Sabtu, 11 Februari 2023 - 10:53 WIB


Diberitakan sebelumnya, Bard, chatbot kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang baru diluncurkan Google , menyebabkan harga saham perusahaan induk Alphabet turun lebih dari 7% atau kehilangan USD100 miliar atau Rp1.513 triliun. Ini terjadi setelah Bard memberikan jawaban yang kurang tepat terkait Teleskop Luar Angkasa James Webb (JWST).

Peristiwa ini terjadi dalam acara streaming langsung, posting blog dan tweet yang menunjukkan pengujian Bard pada Selasa 7 Februari 2023. Dalam video yang diterbitkan oleh Google, chatbot tersebut diminta untuk berbicara tentang penemuan terbaru yang dibuat oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb dengan cara yang dapat dipahami oleh anak berusia 9 tahun.

Chatbot AI Bard menanggapi dengan mengatakan bahwa JWST "digunakan untuk mengambil gambar pertama dari sebuah planet di luar tata surya Bumi." Jawabannya tidak akurat. Sebab, gambar pertama dari apa yang disebut "exoplanet" sebenarnya diambil oleh Very Large Telescope (VLT) Observatorium Eropa Selatan pada tahun 2004.
(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More