Peminat Komputer PC Turun 70%

Selasa, 21 April 2015 - 23:26 WIB
Peminat Komputer PC Turun 70%
Peminat Komputer PC Turun 70%
A A A
SEMARANG - Di tengah hingar bingar produk smartphone dan tablet, minat masyarakat terhadap komputer jenis PC (private computer) mengalami penurunan tajam. Seperti yang terjadi di Kota Semarang, Jawa Tengah, penjualan PC turun hingga 70%.

Winyoto, pemilik Bhinneka Komputer Semarang mengungkapkan, daya beli masyarakat saat ini tengah lesu. Kondisi tersebut sudah dirasakan sejak awal 2015.

Dia berupaya bertahan melakukan berbagai terobosan, baik inovasi maupun program penjualan. “Penjualan sangat sepi saat ini, beda dengan beberapa tahun lalu,” ujarnya, Senin (21/4/2015).

Untuk itu, Winyoto selalu berusaha menghadirkan produk-produk baru. Kehadiran produk anyar kerap mendapatkan respon baik dari pasar. “Namun begitu, masih belum mampu mendongkrak penjualan komputer,” imbuhnya.

Terkait dengan fenomena nilai tukar rupiah terhadap dolar AS (USD), Winyoto mengatakan, tak lagi berpengaruh ke penjualan. Saat ini, pembelian dilakukan dengan transaksi rupiah.

Hal yang sama diungkapkan, pemilik BK Komputer, Kadarpono. Dia mengaku, pada tahun lalu penjualan komputer bisa mencapai 15 unit per hari. Rata-rata kini hanya 3-10 unit per hari.

Menurut Kardopo, penjualan komputer di pasar ritel sepi. Padahal keuntungan penjualan komputer sangat tipis, maksimal hanya Rp50.000 per unit. “Keuntungan penjualan sekarang bisa untuk menutup biaya operasional saja sudah bagus," katanya.

Dia mengaku, dengan sepinya penjualan komputer, membuat sejumlah pengusaha komputer di Kota Semarang mulai beralih profesi, bahkan gulung tikar. Kadarpono yang juga mantan Ketua Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Semarang mengaku, sudah banyak rekan seprofesinya yang beralih ke usaha lain.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7225 seconds (0.1#10.140)