Elextra Pasarkan Classmate PC Pendidikan

Minggu, 29 Maret 2015 - 19:50 WIB
Elextra Pasarkan Classmate PC Pendidikan
Elextra Pasarkan Classmate PC Pendidikan
A A A
MAKASSAR - Pesatnya perkembangan teknologi di pasar gadget membuat sejumlah produsen terus mengembangkan produk mereka. Jika kebanyakan produsen menghadirkan produk menyasar semua kalangan, hal beda dilakukan Intel dengan memperkenalkan produk terbarunya dengan menyasar segmen pendidikan baik sekolah maupun perguruan tinggi.

Salah satunya dihadirkan produsen chip prosesor dunia ini, yakni sebuah notebook baru yang disasar untuk segmen pendidikan. Notebook bernama Intel Classmate PC tersebut merupakan hasil kolaborasi Intel bersama dengan Hewlett Packard (HP).

Di Makassar, produk Classmate PC generasi pertama sudah mulai dipasarkan akhir tahun lalu dan terus digenjot penjualannya oleh Agen Tunggal Pemasaran Produk Classmate PC, PT Elextra Komputer Makassar.

Menurut Owner Elextra Komputer Makassar, Wandy Effendi, produk ini menyediakan opsi Windows 8.1 pada perangkatnya, dan dilengkapi dengan notebook dengan OS Windows 7 dan Linux.

Tak hanya itu, di bagian dalamnya, notebook ini menggunakan beberapa pilihan prosesor. Yang pertama adalah Intel Celeron N2806 dan Intel Celeron N2805. Notebook ini pun lebih khusus disediakan untuk para guru dan pelajar.

“Classmate PC berfungsi sebagai laboratorium bergerak, karena dapat dipakai menyimpan, mencari data hingga dijadikan alat peraga pada mata pelajaran tertentu. Selain itu, karena kebanyakan penggunanya adalah pelajar, maka produk ini dilengkapi dengan pelindung anti air dan anti getaran sehingga tak mudah rusak,” ujarnya disela-sela sosialisasi program Intel for Education yang diselenggarakan, Sabtu (28/3) di D’Maleo Hotel.

Dia menjelaskan, sejak dipasarkan produknya baru terjual 100 unit di tahun lalu, di tahun ini digenjot terus penjualannya hingga ratusan unit perbulan. Apalagi, penjualannya tidak dijual bebas seperti produk gadget lainnya, tapi yang wajib membeli hanya institusi pendidikan dengan minimal pembelian 40 unit sekali pemesanan.

Wandy Effendi menuturkan, Classmate memberikan banyak keuntungan bagi sekolah, selain dapat menghemat penggunaan kertas juga memudahkan proses belajar dan mengajar didukung dengan ketersediaan wifi yang bisa dimanfaatkan sebagai hardisk berkapasitas 1 tera byte.

“Kami ingin terus mengedukasi masyarakat, apalagi dewasa ini perkembangan teknologi sangatlah pesat sekali, mulai dari PC, 2in1, notebook, tablet, hingga IOT (Internet of Things – Peralatan Terkoneksi Internet). Kita mau tidak mau harus ikuti perkembangan teknologi secara dari waktu ke waktu secara berkala agar tidak tertinggal cukup jauh dengan dunia luar,” katanya.

Oleh karena itu, Elextra Komputer bekerja sama Dinas Pendidikan (Disdik) Makassar, dan didukung oleh Intel Indonesia mengadakan acara bertemakan “Intel for Education” diikuti perwakilan siswa dan guru.

Sekolah nantinya diharapkan dapat mengetahui kebutuhan teknologi terkini yang cocok bagi proses edukasi di kalangan sekolah, dan untuk anak didiknya selepas acara ini nanti. Memang perkembangan edukasi harus selaras dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini, agar sekolah nantinya bisa memaksimalkan metode pengajaran terkini dan mengembangkan SDM dari siswa.

Pada kesempatan itu, Intel juga memperkenalkan Intel Galileo. Business Development Manager Intel Corp, Ganis Samudra memaparkan, Intel Galileo sebagai cikal bakal IOT (Internet of Things), yaitu perangkat pintar yang bisa kita buat apa saja yang ada dalam imajinasi kita.

“Perangkat ini mampu mengatur lampu rumah dengan smartphone, membuat perangkat pengamanan rumah, smart drone, hingga mendukung pula smart city seperti pengatur tinggi air waduk untuk mencegah banjir, mengatur lampu lalu lintas dengan efisien, atau kebutuhan lain yang selama ini mungkin hanya ada di imajinasi kita,”paparnya.

Intel juga memperkenalkan Intel NUC sebagai salah satu PC terkecil di pasaran saat ini dan dengan tingkat konsumsi daya yang sangat rendah sekali, mulai dari 7,5 watt saja. Bayangkan satu bohlam lampu rumah kita bisa menghidupkan 3 PC NUC.

Selain itu banyak juga disajikan teknologi terbaru untuk edukasi seperti Intel Class Connect yang membantu sekolah di daerah untuk terhubung ke internet, Intel Server, dan product-product IT terbaru saat ini.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6736 seconds (0.1#10.140)