ZTE Apresiasi Kebijakan Baru Soal Paten

Kamis, 19 Maret 2015 - 11:01 WIB
ZTE Apresiasi Kebijakan Baru Soal Paten
ZTE Apresiasi Kebijakan Baru Soal Paten
A A A
JAKARTA - ZTE Corporation memberikan apresiasi serta dukungan penuh terhadap kebijakan baru pemerintah Tiongkok. Kebijakan tersebut berupa lisensi hak paten.

Stas dasar mendorong pertumbuhan bisnis smartphone domestik, serta meningkatkan keunggulan kompetitif industri. Pemerintah China menetapkan peraturan baru, berkenaan hak paten dan lisensi penggunaan paten teknologi.

Kebijakan pemerintahan yang baru ini mendorong kondisi persaingan yang sehat. Banyak perusahaan pembuat smartphone lainnya, kini mulai menyadari pentingnya lisensi dan paten teknologi dalam industri telekomunikasi.

Hal ini menjadikan posisi ZTE lebih kuat lagi dalam persaingan global. Produk teknologi yang dibuat dan dipasarkan, sudah menggunakan lisensi paten milik ZTE sendiri sehingga kualitas dan legalitasnya terjamin.

Managing Director of ZTE Handset Business Unit Indonesia, Fritz Wang mengatakan, hak cipta intelektual merupakan suatu hal yang sentral dalam berbisnis. “Kami mendukung tinggi usaha pemerintah untuk menciptakan ekosistem teknologi, serta persaingan yang lebih sehat bagi para pelaku industri dan mengecam segala bentuk kompetisi yang tidak adil," ungkapnya melalui surat elektronik kepada Sindonews, Kamis (18/3/2015).

ZTE sejak 2013 memegang posisi nomor 2 secara global dan nomor satu di Tiongkok. Jumlah paten perusahaan asal China itu mewakili 11%, dari keseluruhan paten yang didaftarkan di negara asalnya.

Perusahaan-perusahaan pembuat smartphone lainnya memiliki pilihan untuk membayar hak guna atau melakukan lisensi silang (cross-licensing=pertukaran hak guna paten yang dimiliki masing-masing pihak). Apabila hendak menggunakan teknologi yang dinaungi oleh paten-paten tersebut, atau terancam tidak diijinkan untuk menjual produknya di pasar bebas.

Hingga saat ini ZTE telah mengajukan lebih dari 50.000 hak paten baik lokal maupun internasional/PCT. Sebanyak 16.000 diantaranya sudah disahkan, dan ZTE merupakan salah satu yang terdepan dalam standarisasi 4G LTE (long term evolution) dengan lebih dari 800 paten utama.

Lebih dari 90% hak paten yang dimiliki berhubungan dengan penemuan teknologi. Dan perusahaan senantiasa menginvestasikan 10% dari pendapatan per tahunnya ke dalam R&D.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8192 seconds (0.1#10.140)