Perjalanan Microsoft di 2014

Jum'at, 26 Desember 2014 - 10:17 WIB
Perjalanan Microsoft di 2014
Perjalanan Microsoft di 2014
A A A
SELAMA 2014, Microsoft Indonesia telah berkomitmen untuk membantu setiap individu dan organisasi untuk meningkatkan produktivitas dan bermain kapanpun dan dimanapun.

Pencapaian Microsoft di kuartal pertama Q1 FY 15 (Juli- Desember 2014) dikategorikan dalam 3 hal yaitu Digital Work (life experience) melalui produk dan layanan Microsoft.

"Kami mendukung produktivitas konsumen hardware dan device OS. Kami menciptakan perangkat yang membantu mobilitas individu dan organisasi," ujar Director of Corporate Affairs Microsoft Indonesia, Ruben I Hattari.

Sedangkan untuk cloud, Microsoft mengklaim telah memberikan layanan komputasi awan yang paling lengkap untuk para konsumen kami," ungkapnya melalui surat elektronik kepada Sindonews, beberapa waktu lalu.

Selama 2014, Milestones Microsoft bekerja sama dengan Blue Bird, Acer, NEC, dan Intel untuk meluncurkan Interactive Taxi Entertainment pertama. Tujuannya adalah untuk menciptakan kenyamanan penumpang Blue Bird ketika mereka sedang berada di perjalanan.

"Kami meluncurkan Office 365 untuk iPhone, iPad, dan Android. Hal ini semakin mendukung produktivitas konsumen karena mereka dapat menggunakan layanan kami dari platform mana pun," tutur Ruben.

Kemitraan Microsoft dengan Brand Lokal

Selain itu, di 2014 Microsoft juga melakukan kemitraan dengan brand tablet lokal, seperti Advan dan SpeedUp. Pada September2014, Advan meluncurkan dua tablet pertamanya yang berbasis Windows, yaitu Vanbook W80 dan W100.

"Pada Desember ini, kami juga menindaklanjuti kerja sama dengan Advan. Memberikan dukungan kepada Advan untuk menjadi penjual tablet Windows pertama di Asia Pasifik," terang Ruben.

Pada Oktober tahun ini, SpeedUp, brand lokal yang telah mendapatkan sertifikasi internasional, juga memperkenalkan tiga tablet berbasis Windows perdananya.

Hal ini menunjukkan bahwa, konsumen di Indonesia semakin membutukan tablet dan sistem operasi yang mendukung produktivitas dan hiburan mereka.

Memasuki akhir November, Microsoft meluncurkan seri Lumia pertama dengan brand Microsoft, yaitu Microsoft Lumia 535 dengan harga yang sangat terjangkau. Pada promo pre-order dari 28 November-11 Desember 2014, ponsel tersebut dapat dipesan dengan cicilan sebesar Rp99.900 per bulan.

Microsoft Lumia 535 juga dilengkapi dengan versi terbaru dari Windows Phone, 15 GB free storage di OneDrive, dan 5 MP kamera depan. "Ini merupakan komitmen kami lagi untuk serius di penyediaan perangkat berkualitas," imbuh Ruben.

Bantuan kepada UKM

Melihat di bidang cloud, perusahaan asal Amerika Serikat (AS) tersebut telah membantu banyak organisasi agar lebih mobile. Bahkan, Microsoft ikut mendukung virtual workers dalam meningkatkan kolaborasi dan komunikasi dengan aplikasi Office 365 dan Dynamics.

"Kami mengerti kebutuhan UKM, yaitu efisiensi biaya. Melalui layanan Cloud, Microsoft membantu UKM menghemat pengeluaran operasi (operational expense) maupun pengeluran modal mereka (capital expense)," ucap Ruben.

Salah satu bantuan yang diberikan Microsoft adalah kepada http://CekAja.com">CekAja.com, salah satu pelanggan yang merupakan UKM baru di Indonesia dan bergerak di bidang finansial. Pelanggan ini menggunakan Azure in Open, di mana sistem pembayarannya adalah dengan cara berlangganan dan “pay as you use”.

Tidak cukup di situ, melalui layanan Dynamics CRM (Customer Relationship Management) Online, raksasa software tersebut juga membantu Kartuku untuk meningkatkan kolaborasi antara divisi pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan.

Microsoft juga menjangkau penggunaan cloud pada institusi pendidikan, seperti Universitas Gadjah Mada dan Universitas Airlangga, yang telah menggunakan Office 365 for Education.

Selain dalam bidang bisnis, Microsoft juga berkomitmen memberikan dampak nyata untuk Indonesia. Khususnya dalam tiga bidang Transformasi Edukasi di Indonesia, melalui program #Wespeakcode, yakni pelatihan coding untuk anak remaja yang dibina oleh Yayasan Cinta Anak Bangsa dengan memberikan Office 365 for Education secara gratis.

Melihat ke depan, rencananya Microsoft akan fokus meluncurkan Windows 10, yang dibuat untuk membantu konsumen meningkatkan produktivitas di era digital. Disinyalir, software ini dapat beroperasi di perangkat dengan ukuran apapun, mulai 4 inci hingga layar berukuran 80 inci.

Fitur-fitur ini mencakup Start menu yang telah lama dikenal kembali muncul, memberikan akses cepat sekali-klik ke fungsi-fungsi dan file yang paling sering digunakan. Rencananya , Start menu akan memiliki ruang tambahan untuk mengostumisasi app, program, kontak, hingga situs internet favorit

Ruben menyatakan, semua app dari Windows Store kini berjalan dengan cara yang sama dengan program-program desktop. Apps ini dapat diubah ukurannya, dipindah posisinya, dengan judul app berada di atas, sehingga dapat dibesarkan, dikecilkan, atau ditutup cukup dengan sekali klik.

"Peningkatan snap, bekerja dengan lebih dari satu app menjadi lebih mudah dan intuitif berkat peningkatan pada snap. Pengaturan letak bergaya kuadran memungkinkan empat aplikasi di-snap sekaligus pada layar yang sama," terangnya.

Menurutnya, Windows juga akan menampilkan app dan program lain yang juga sedang berjalan dalam snap tambahan. Bahkan dapat juga memberi rekomendasi cara mengisi ruang yang masih kosong pada layar dengan app lain yang terbuka.

Tombol Task view baru. Tombol Task view yang baru pada taskbar memungkinkan semua app dan file yang terbuka untuk ditampilkan sekaligus, memudahkan perpindahan secara cepat dan akses sekali-sentuh ke layar desktop yang pernah dibuat. Mari kita tunggu realiasi dari Windows 10 berikut perubahan yang akan dibawa .
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7460 seconds (0.1#10.140)