BTS di Perbatasan Indonesia-Malaysia Sudah On Air

Sabtu, 06 Desember 2014 - 19:23 WIB
BTS di Perbatasan Indonesia-Malaysia Sudah On Air
BTS di Perbatasan Indonesia-Malaysia Sudah On Air
A A A
SAMARINDA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengungkapkan, seluruh tower telekomunikasi di perbatasan kini sudah on air alias beroperasi. Pemasangan Base Transceiver Station (BTS) telah tuntas meski sebelumnya sempat terhambat akibat jalur transportasi yang sulit.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kaltim, Abdullah Sani menyatakan, ada lima tower yang dibangun dari dana APBD Provinsi Kaltim yang dibangun di perbatasan. Bekerja sama dengan tim Tsel Merah Putih, seluruh tower tersebut bisa difungsikan dan masyarakat di perbatasan bisa mulai berkomunikasi.

“Per tanggal 5 Desember 2014, seluruh tower itu sudah beroperasi, membuka keterisolasian warga perbatasan atas akses komunikasi,” ujar Sani, Sabtu (6/12/2014).

Dari lima tower yang dibangun, tiga di antaranya berada di Kabupaten Mahakam Ulu, Kaltim. Sementara dua lainnya tersebar di perbatasan di Provinsi Kalimantan Utara.

“Tower yang sudah on air terletak di Desa Tiong Ohang, Desa Long Apari, dan Desa Long Lunuk. Ketiga desa ini terletak di Kabupaten Mahakam Ulu. Ada juga yang berada di Desa Agung Baru, Kecamatan Sungai Boh, Kabupaten Malinau dan di Desa Long Layu, Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan,” katanya.

“Ini sebagai wujud keseriusan dan konsistensi Pemprov Kaltim menempatkan wilayah perbatasan sebagai beranda terdepan NKRI. Juga dimaksudkan untuk membuka isolasi wilayah dan keterbukaan informasi agar masyarakat perbatasan dapat berkomunikasi dan memperoleh informasi,” tambahnya.

Kini, warga perbatasan Indonesia-Malaysia itu sudah bisa berkomunikasi dengan keluarganya dari daerah lain. Sebelumnya, untuk berkomunikasi ke luar mereka mengandalkan wartel satelit dengan biaya sangat tinggi.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6087 seconds (0.1#10.140)