Google Uji Teknologi Nirkabel Setara Serat Optik

Jum'at, 17 Oktober 2014 - 00:02 WIB
Google Uji Teknologi Nirkabel Setara Serat Optik
Google Uji Teknologi Nirkabel Setara Serat Optik
A A A
LOS ANGELES - Raksasa mesin pencarian Google sedang menguji teknologi nirkabel baru yang dapat menghasilkan kemampuan setara serat optik untuk layanan Internet.

Guna menguji teknologi ini, Google meminta izin kepada Komisi Komunikasi Federal Amerika Serikat (AS) untuk melakukan tes di California.

Dilansir dari Reuters, Kamis (16/10/2014), gelombang diuji pada spektrum nirkabel yang berbeda. Termasuk gelombang frekuensi (FFC) yang jarang digunakan militer tetapi mampu menghantarkan data dalam jumlah besar.

Belum jelas apa sebenarnya yang sedang dilakukan Google. Namun, hal ini memperlihatkan ambisi Google untuk mengendalikan konektivitas internet.

Teknologi ini diklaim dapat membentuk dasar koneksi nirkabel yang dapat disiarkan ke rumah, serta menghilangkan kebutuhan kabel tanah atau koneksi serat optik.

"Tujuan tes ini adalah agar Google dapat secepatnya menguji radio dengan cara yang mungkin untuk berkontribusi pada pengembangan, perluasan, ekspansi atau pemanfaatan seni radio," jelas Google dalam pernyataannya.

Meski masih samar, para ahli menyambut baik pengujian Google. Temuan ini berpotensi menawarkan cara yang lebih cepat dan lebih murah untuk memberikan layanan Internet berkecepatan tinggi.

Google semakin progresif menyediakan konsumen layanan akses internet. Pada 2013, Google mengatakan pihaknya ingin menggelar layanan internet berkecepatan tinggi ke lebih dari 30 kota di AS, dan mencapai kesepakatan menyediakan akses Internet nirkabel gratis untuk 7.000 Starbucks di seluruh AS.

Awal tahun ini, situs berita teknologi melaporkan Google sedang mencari cara untuk menawarkan layanan nirkabel penuh dengan suara dan akses Internet, bersaing dengan perusahaan yang menawarkan layanan serat optik.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2138 seconds (0.1#10.140)