Galaxy Note 4 Lawan Sony Xperia Z3

Kamis, 16 Oktober 2014 - 08:11 WIB
Galaxy Note 4 Lawan Sony Xperia Z3
Galaxy Note 4 Lawan Sony Xperia Z3
A A A
RAKSASA handset asal Korea Selatan, Samsung, akhir tahun ini akan menghadapi kompetitor berat di pasar phablet Android.

Dikutip dari Phonearena, Kamis (16/10/2014), Samsung yang bakal meluncurkan generasi phablet anyar Galaxy Note 4 akan bentrok dengan banyak flagships terbaru di musim gugur nanti.

Sepertinya, kekuatan handset seri S ini sulit membantu menyaingi beberapa kompetitor. Salah satu pesaing terberat adalah Sony Xperia Z3. Tampilan yang lebih fresh menjadikan gadget anyar ini diperkirakan akan hits di masa depan.

Untuk itu, mari kita mengukur kekuatan kedua smartphone anyar ini dan melihat siapa yang terbaik:

Desain

Galaxy Note 4 didesain lebih bongsor, sementara Xperia Z3 lebih ramping dan tahan air.

Kaca

Kaca premium dan desain logam Xperia Z3 terlihat jauh lebih bergaya daripada tampilan besar dan clunky Note 4.

Chassing

Memiliki chassis tipis dan ringan serta tahan air, Z3 memiliki sepasang speaker stereo di bagian depan. Sementara Note 4 memiliki penutup belakang plastik yang bisa dilepas, sehingga memudahkan pengguna men-swap baterai jika diperlukan.

Sistem Kunci

Samsung Note 4 memiliki sistem kunci finger print scanner (pemindai sidik jari), bahkan lebih nyaman digunakan dibandingkan S5. Sementara Sony Xperia Z3 bergantung hanya pada pilihan kunci gerakan.

Fungsional

Beberapa gadget Samsung didesain dengan fitur fungsionalitas menggunakan stylus S Pen jauh lebih nyaman untuk mengambil snap. Samsung juga menyediakan metode input tambahan yang tidak dimiliki Z3.

Sensor

Untuk pertama kalinya Note 4 menyematkan sensor UV (ultraviolet) jika pengguna pergi di bawah panas terik matahari atau berada di pantai, sehingga dapat menambah daftar sensor dan memudahkan membaca teks.

Layar

Z3 memiliki panel LCD dengan warna sangat cool menggunakan layar AMOLED sangat tinggi sehingga warna lebih akurat. Samsung juga tak mau kalah, di mana pada Note 4, tersemat layar AMOLED (1.440x2.560) piksel QHD, sehingga futureproof lebih dari satu siklus unggulan.

Jadi, meskipun ukuran layar diagonal 5.7 inci, Note 4 memiliki kepadatan 515ppi pixel, tampak jauh lebih tinggi daripada 424ppi dari (1.080x1.920) piksel Z3 yang memiliki layar display 5.2 inci. Namun, perbedaannya bisa benar-benar diketahui dengan mata telanjang dari jarak pandang normal.

Untuk kesimpulannya dari kedua ponsel ini pengguna dapat menikmati reflektivitas layar rendah dan dapat dibaca di bawah sinar matahari cerah. Tapi, dalam brightness, Z3 memiliki 713 nits yang membuatnya sedikit lebih baik dalam aspek ini, dan mereka benar-benar menghancurkan Note 4 dengan 468 nits.

Di sisi lain, Note 4 memiliki minimum kecerahan sangat baik, hanya satu nits di atas Z3. Walhasil, kedua smartphone ini tidak akan membuat mata pengguna sakit walau membaca pesan teks atau fiture hingga larut malam.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1349 seconds (0.1#10.140)