Hal Penting Sebelum Meng-Upgrade Audio Kendaraan

Rabu, 27 Agustus 2014 - 17:27 WIB
Hal Penting Sebelum Meng-Upgrade Audio Kendaraan
Hal Penting Sebelum Meng-Upgrade Audio Kendaraan
A A A
MEMILIKI kendaraan dengan kualitas audio mumpuni dan enak didengar menjadi dambaan bagi sebagian banyak orang. Namun, ada yang puas dengan audio standar bawaan pabrik, ada juga yang tidak. Ini karena masing-masing telinga memiliki selera dan standar kualitas suara berbeda-beda.

Menurut sejumlah pakar audio, hal awal yang harus diperhatikan saat ingin meng-upgrade, pelajari terlebih dahulu basic dari audio kendaraan.

Pada dasarnya semua mobil sudah memiliki audio standard, terdiri dari head unit (HU), sebagai otak utama pemutar tape atau cd, dvd, radio dan audio/tv, ada juga yang sudah built in dengan USB atau teknologi lainnya. Kemudian, sepasang speaker di pintu depan dan di pintu belakang (namun tidak semua ada tergantung dari seri kendaraan).

11
Sebelum meng-upgrade, tentukan apa yang menurut Anda kurang dari sistem audio standar kendaraan. Sehingga Anda benar saat memutuskan upgrade, yang mungkin akan Anda dikomunikasikan kepada installer atau toko audio yang dipilih.

Jika audio standar mobil Anda kurang bisa mengeluarkan suara bagus, ataupun vokal penyanyi kedengaran mendem, kurang jernih, dan kurang detail, berarti perlu Anda upgrade.

Perlu Anda ketahui pula, speaker yang bagus tidak berdiri sendiri. Biasanya satu kesatuan, yang disebut component speaker (speaker split), yaitu terdiri dari sepasang midbass, sepasang twetter dan sepasang crossover pasif. Fungsinya adalah tempat untuk membagi sumber suara.

1
Bagi Anda penggemar lagu hip hop atau disco, dibutuhkan suara bass yang panjang dan berat. Di sini mungkin speaker standar mobil Anda terasa kurang mumpuni.

1
Hal yang dapat Anda lakukan adalah menambah sebuah speaker yang lebih besar diameternya, yang biasa disebut subwoofer.

Permasalahannya tidak semua HU mampu membunyikan subwoofer yang membutuhkan daya lebih besar. Untuk itu, dibutuhkan power tambahan yang disebut amplifier.

Alat ini dibutuhkan karena beberapa speaker juga membutuhkan power lebih besar agar dapat mengeluarkan suara optimal. Amplifier juga dipercaya dapat mengubah karakteristik suara yang keluar dari speaker.

1
Mengenai amplifier untuk subwoofer, sekarang sudah ada pilihan subwoofer aktif. Di mana power dan subwoofer sudah menjadi satu kesatuan, sehingga tinggal dihubungkan dengan HU, dan tidak memerlukan amplifier tambahan. Namun, perlu diingat suaranya tidak sebagus subwoofer pasif yang amplifier-nya terpisah.

Kembali ke awal, jika audio standar kendaraan Anda dirasa memiliki suara cukup mumpuni, dalam hal ini sesuai dengan selera, stop! Audio Anda tidak perlu di-upgrade.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9484 seconds (0.1#10.140)