CT Gelar Rakor Koneksikan Internet Seluruh Indonesia

Kamis, 07 Agustus 2014 - 15:28 WIB
CT Gelar Rakor Koneksikan Internet Seluruh Indonesia
CT Gelar Rakor Koneksikan Internet Seluruh Indonesia
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Chairul Tandjung hari ini melaksanakan rapat koordinasi (rakor) membahas pengaturan koneksi broadband (jaringan pita lebar) internet di seluruh Indonesia.

"Kita melakukan diskusi yang baik intinya, bahwa Indonesia diharapkan segera memiliki masterplan terkait dengan pita lebar (broadband) yang harusnya kita miliki," ujar dia usai Rakor di Kantor Kemenko Jakarta, Kamis (7/8/2014).

Lebih lanjut dia mengatakan, Dewan Teknologi dan Informasi Nasional (Detiknas) telah mempersiapkan rancangannya dan telah dievaluasi oleh Kementerian terkait. Oleh sebab itu, dia mengaku akan segera membicarakan hal ini kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) agar segera dituangkan dalam bentuk Peraturan Presiden (Perpres).

"Karena ini penting untuk perkembangan Indonesia kedepan, diusulkan agar Perpres segera diterbitkan. Saya akan laporkan ke Presiden, mudah-mudahan Perpres sudah bisa dibuat dan bisa diluncurkan pita lebar dalam industri telekomunikasi," jelasnya.

Sementara Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Tifatul Sembiring mengatakan, jaringan utama broadband tersebut telah 50% dikerjakan untuk mengkoneksikan wilayah Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali, dan Nusa Tenggara.

"Sekarang lagi ditarik dari Manado ke Ternate. Itu dikerjakan oleh PT Telkom Indonesia," terangnya.

Menurutnya, dikarenakan perbedaan geografis dan demografis, maka Pulau Jawa menjadi lebih unggul untuk jaringan ini. Selain itu, penduduk di daerah timur Indonesia yang masih sedikit, serta medan yang tidak mudah menyebabkan perlu adanya strategi khusus untuk mengkoneksikan internet disana.

"Fokus kita adalah Indonesian Broadband Plan, dihimbau oleh Menko Perekonomian bagaimana koordinasi antar Kementerian yang ada, Dan hal yang menjadi kendala implementasi ini. Karena sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan ekonomi Indonesia," pungkas dia.

Sekadar Informasi, rapat ini dihadiri oleh Kepala Bappenas Armida Alisyahbana, Menkominfo Tifatul Sembiring, dan Ketua Harian Detiknas Ilham Habibie.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8999 seconds (0.1#10.140)