Rusia Mengedit Halaman Wikipedia Terkait Jatuhnya MH17

Selasa, 22 Juli 2014 - 21:34 WIB
Rusia Mengedit Halaman...
Rusia Mengedit Halaman Wikipedia Terkait Jatuhnya MH17
A A A
BUCHAREST - Belum lama ini dunia dikejutjan dengan kejadian jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17 di wilayah udara Ukraina. Penyebabnya adalah ditembak rudal oleh pemberontak Rusia. Nampaknya pemerintah Rusia seakan tidak mau menjadi kambing hitam dengan peristiwa ini.

Berkaitan dengan hal ini, diketahui dari sebuah bot Twitter adanya aktivitas pengeditan yang dilakukan oleh IP address milik pemerintah Rusia di halaman Wikipedia terkait kecelakaan ini. Perubahan tersebut dilakukan pada versi bahasa rusia dari halaman itu.

Memang tidak terlalu banyak dilakukan pengeditan. Seperti dilansir dari Softpedia, Selasa (22/7/2014), jika sebelumnya dalam tulisan terdapat indikasi adanya peran pemerintah Rusia dalam memberikan dukungan berupa fasilitas militer kepada para teroris di Ukraina. Dan tulisanpun berganti menjadi penembakan dilakukan oleh militer Ukraina.

Bukti tentang upaya Rusia untuk mengedit materi di Wikipedia berasal dari log situs itu sendiri, di mana username dan alamat IP disimpan untuk semua orang yang membuat perubahan pada entri, lengkap dengan peluang yang mereka buat.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0934 seconds (0.1#10.140)