Awas, Meski di Reset Data Pribadi di Handphone Masih Ada

Minggu, 13 Juli 2014 - 13:59 WIB
Awas, Meski di Reset Data Pribadi di Handphone Masih Ada
Awas, Meski di Reset Data Pribadi di Handphone Masih Ada
A A A
PRAGUE - Avast sebuah perusahaan software keamanan mengungkap fakta menarik yang selama ini menjadi hal biasa. Mereka menemukan bahwa melakukan reset dan mengembalikan handphone ke kondisi settingan pabrik tidak benar-benar menghapus data penggunanya. Bahkan mereka menemukan kalau data-data tersebut bisa digali kembali dengan memakai software recovery data, seperti dilansir dari Mashable, Minggu (13/7/2014)

Avast membeli 20 handphone dari situs lelang eBay untuk melakukan percobaan. Selanjutnya, mereka menguji dengan menggunakan software recovery data. Hasilnya, mereka pun bisa mengembalikan berbagai jenis data, dari foto, email, nomor kontak lengkap dengan nama dan alamatnya, file pengajuan pinjaman dan bahkan bukti adanya pelecehan seksual.

Dengan pengujuian yang dilakukan Avast, mengembalikan smartphone ke kondisi pabrik tidak menjamin menghapus data pribadi. Langkah ini hanya menghapus informasi indeks dari file tersebut dan menandainya sebagai tempat yang bisa digunakan kembali untuk penulisan data. Kenyataannya data tersebut masih benar-benar ada dan bisa diakses.

Sayangnya Avast tidak menyebutkan jenis sistem operasi dari smartphone-smartphone tersebut. Namun CTO dari Drivesavers, Chris Bross mengatakan kalau kemungkinan besar 20 smartphone tersebut adalah handphone Android. Dia mengatakan kalau melakukan revovery data di iPhone lebih sulit ketimbang Android. Hati-hati jika Anda menjual smartphone pastikan data pribadi sudah bersih.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9788 seconds (0.1#10.140)