Hati-hati, Android Menyiarkan Lokasi Anda Berada

Jum'at, 04 Juli 2014 - 09:30 WIB
Hati-hati, Android Menyiarkan Lokasi Anda Berada
Hati-hati, Android Menyiarkan Lokasi Anda Berada
A A A
CALIFORNIA - Di zaman sekarang ini, penting kiranya memastikan informasi pribadi kita aman, dan berjaga-jaga seseorang mengambil keuntungan atasnya. Namun penemuan terbaru Electronic Frontier Foundation (FPD), jika ponsel Android atau tablet berusia kurang dari tiga tahun, ada risiko menyebarkan informasi keberadaan Anda ke semua orang di sekitar, walau tidak terhubung ke jaringan WiFi.

Melansir laman BGR, Jumat (4/7/2014), ketika Anda terhubung ke jaringan WiFi, nama jaringan disimpan dalam pengaturan perangkat Anda. Sebagian besar perangkat Android modern mengirimkan pesan yang berisi nama-nama jaringan ini ketika mereka tidak terhubung untuk mempercepat proses koneksi, setelah mereka kembali menggunakan WiFi.

Pesan-pesan ini dapat digunakan hacker untuk mengetahui dari mana pengguna sering beraktifitas. FPD menunjukkan bahkan ketika jaringan tidak memiliki nama yang tidak dapat diidentifikasikan, perestas tersebut memiliki cara untuk masuk.

Meskipun platform lain memiliki kerentanan yang sama, FPD berpendapat bahwa Android saat ini menimbulkan ancaman besar bagi para penggunanya.

Menanggapi hal tersebut, Google mengatakan pendapatnya. "Kami menjaga keamanan data lokasi pengguna kami dan kami senang diberikan masukan atas potensi masalah yang akan muncul. Karena perubahan perilaku ini akan berpotensi mempengaruhi konektivitas pengguna ke jalur akses tersembunyi. Kita masih menyelidiki perubahan apa yang tepat untuk masa mendatang," papar pihak Google.

Semoga Google akan memiliki solusi yang lebih permanen di masa depan
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0567 seconds (0.1#10.140)