Indosat Tingkatkan Kapasitas Selama Ramadan dan Lebaran

Rabu, 18 Juni 2014 - 18:32 WIB
Indosat Tingkatkan Kapasitas Selama Ramadan dan Lebaran
Indosat Tingkatkan Kapasitas Selama Ramadan dan Lebaran
A A A
SEMARANG - Trafik kebutuhan layanan data, voice maupun SMS Indosat selama Ramadan dan Lebaran diperkirakan bakal mengalami kenaikan. Untuk mengantisipasi hal itu dan tetap memberikan kenyamanan pelangganya, PT Indosat meningkatkan seluruh kapasitas layanan telekomunikasi.

Division Head Commercial Regional central Jawa and West Java, Gunung Hari Widodo mengatakan, awal Ramadan diprediksi kebutuhan voice mencapai 6,6 juta erlang per hari. Jumlah ini mengalami peningkatan 7,6 % dibandingkan hari-hari biasa. Sedangkan pada saat lebaran diperkirakan kebutuhannya mencapai 6,8 erlang per hari atau naik sekitar 11,1 %.

Untuk kebutuhan SMS awal Ramadan diperkirakan mencapai 910 juta sms per hari dan pada saat lebaran mencapat 1,38 miliar sms. Dan untuk data, diperkirakan mengalami kenaikan sekitar 15 % dibanding hari biasa atau sekitar 270 TB, dan pada saat lebaran bakal naik 49 % dibanding hari biasa atau 300 TB.

Melihat tingginya kebutuhan tersebut, Indosat meningkatkan kapasitas semua layanan komunikasi. Kapasitas yang disiapkan adalah 15,4 juta erlang per hari untuk voice atau setara dengan 924 juta menit pembicaraan/perhari. Kemudian untuk SMS disiapkan hingga 1,45 miliar SMS per hari dan untuk data disiapkan 335 TB per hari.

“Kebutuhan paling tinggi selain data adalah SMS. Kami melihat SMS masih banyak digunakan masyarakat untuk mengucapkan selamat Puasa atau ucapan selama Hari Raya Idul Fitri,” katanya, disela-sela Driver Tes jaringan baru Indosat di Kota Semarang, Rabu (18/6/2014).

Dia mengungkapkan, peningkatan kapasitas tersebut didasarkan pada pengalaman pada Ramadan, mudik dan lebaran tahun-tahun sebelumnya, serta prediksi kenaikan trafik. ”Kenaikan kapasitas ini diharapkan mampu mengantisipasi kenaikan trafik yang terjadi,” ucapnya.

Dia mengaku optimis, selama Ramadan dan lebaran layanan Indosat tidak akan mengalami masalah, terlebih dengan kehadiran jaringan baru 42 Mbps, yang telah mengimplementasikan teknologi DC –HSPA+.

“Jaringan baru ini pelanggan bisa leluasa menikmati layanan data dengan kecepatan sampai 42 Mbps terluas dan stabil,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Division Head of Limitation Indosat, Joko Iswadi menambahkan, jariangan baru berkecepatan hingga 42 Mbps merupakan impelantasi dari modernisasi jaringan yang telah dilakukan Indosat di beberapa dari di Indonesia.

Pelangan yang sudah bisa menikmati jaringan yang sudah dimodernisasi berada di wilayah Jabodetabek, Sukabumi, Bandung, Semarang, Jogjakarta, Surabaya dan Bali. “Untuk Jateng sendiri sudah 98 % selesai proses modernisasi sehingga sudah banyak lokasi yang menggunakan 3 G, “ katanya.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0409 seconds (0.1#10.140)