Mesin ATM Dibobol Sepasang Remaja 14 Tahun

Sabtu, 14 Juni 2014 - 18:29 WIB
Mesin ATM Dibobol Sepasang...
Mesin ATM Dibobol Sepasang Remaja 14 Tahun
A A A
CANADA - Banyak sekali cara untuk membobol suatu ATM (Anjungan Tunai Mandiri) salah satunya adalah membobol lewat program atau biasa dikenal dengan peretasan. Ini bukan sesuatu yang baru dilakukan oleh seorang hecker (ahli perentas). Alasannya adalah ATM merupakan tempat menyimpan uang dalam jumlah yang cukup banyak. Dan tidak jarang beberapa mesin ATM tidak dilengkapi dengan sistem keamanan yang layak.

Belum lama terjadi ATM milik Bank of Montreal di Kanada 'diacak-acak' pemrogramannya oleh sepasang anak usia 14 tahun. Sebelumnya mereka mendownload buku manual tentang ATM di internet. Kemudian mempraktekkannya pada mesin ATM yang ada. Tanpa diduga mereka berhasil masuk ke sistem administrator di mesin ATM tersebut.

Hasilnya, mereka ternyata berhasil masuk ke mode operator pada ATM dengan cara memasukkan password default seperti yang tertera pada buku manual.

Dengan lugunya sepasang remaja ini melaporkan kejadian yang mereka lakukan kepada pihak bank. Pihak bank tidak begitu saja percaya, mereka menganggap ini adalah sebuah lelucon. Tapi setelah pihak bank melakukan pengecekan alangkah kagetnya. Dua remaja itu mengganti ucapan selamat datang pada ATM tersebut dengan kalimat,” Pergilah. ATM ini telah di hack.” Baru pihak bank menganggap ini serius.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4114 seconds (0.1#10.140)