Cara memeriksa kerusakan listrik pada kendaraan

Senin, 12 Mei 2014 - 18:49 WIB
Cara memeriksa kerusakan...
Cara memeriksa kerusakan listrik pada kendaraan
A A A
SISTEM kelistrikan sangat vital bagi sebuah kendaraan. Jika rusak bukan hanya lampu atau starter yang terganggu, sistem pada mesin juga ikut mengalami masalah. Bahkan, jika sudah parah kendaraan sulit dihidupkan.

Agar tidak keliru dalam menganalisa kerusakan pada listrik kendaraan Anda, ada tahap-tahap yang perlu diperhatikan.

Kepada Sindonews, Lukas Susanto, ahli elektrikal kendaraan mengungkapkan hal pertama yang perlu dilakukan adalah cek aki (accu) kendaraan. Apakah sudah habis atau belum dayanya? Jika memakai aki basah, apabila airnya habis sebaiknya ditambah dan di-charge kembali. "Tapi, jika sudah rusak sebaiknya diganti yang baru," ujarnya.

Kedua, periksa sikring dan kabel-kabel pada motor. Jika sikring putus gantilah dengan yang baru. Namun, bila kerusakan terjadi pada kabel, kabel yang patah atau putus disambung kembali, tergantung pada tingkat kerusakannya.

Ketiga, periksa spul motor. Apakah terjadi konsleting, terbakar atau ada kabel-kabel yang putus. Jika mengalami kerusakan sebaiknya dilakukan perbaikan atau jika parah segera diganti yang baru.

Keempat, perksa kiprok. Suku cadang ini sangat vital. Jika kiprok bermasalah banyak yang tidak mengerti bila aki yang mereka gunakan sering habis atau cepat nge-drop.

"Anda bisa mengetesnya dengan lampu, bila terjadi kerusakan pada kabelnya bisa diperbaiki. Namun, jika jebol tidak ada pilihan selain diganti," terang Lukas.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0798 seconds (0.1#10.140)