Investigasi BBC: IMEI ponsel curian bisa jadi baru

Selasa, 15 April 2014 - 11:23 WIB
Investigasi BBC: IMEI ponsel curian bisa jadi baru
Investigasi BBC: IMEI ponsel curian bisa jadi baru
A A A
Sindonews.com - Pada sebuah investigasi yang dilakukan BBC, seperti dilaporkan PhoneArena, Selasa (15/4/2014) diketahui dua toko telah menjual smartphone curian di black market, di London. Delapan selular Apple dan Samsung termasuk dengan data-data personal, seperti foto, nomor kontak, sejarah telpon, dan pesan-pesan yang telah diblokir atau dilaporkan barang curian.

Smartphone yang dipakai untuk investigasi berupa iPhone 4 dan Galaxy S3. Seorang reporter menyamar sebagai pencuri smartphone itu, merekam dua pedagang membeli barang curian darinya. Reporter tersebut secara eksplisit menyatakan, bahwa ponsel tersebut merupakan barang curian, ketika ia menyerahkannya kepada pedagang. Tapi pedagang itu tidak peduli.

Kedelapan smartphone dibeli dengan harga murah, sekitar USD70. Kemungkinan dikemas ulang agar tampak perangkat bekas yang sah, kemudian dijual dengan harga tertentu.

Semua ponsel itu memiliki nomor IMEI yang sudah ditandai sebagai barang curian oleh operator berbahasa Inggris, yang seharusnya sudah tidak bisa digunakan lagi.

Sayang, setelah penyelidikan, seorang ahli forensik menunjukkan kepada BBC betapa mudahnya mengubah perangkat IMEI dengan software khusus dan mengembalikan ke pengaturan awal pabrik.

Menurut seorang ahli, seharusnya produsen menempatkan nomor tertentu di dalam bagian memori perangkat agar tidak dpat diubah. Tapi hal ini masih jarang dilakukan.

Di United Kindom, penadah barang-barang curian, merupakan pelanggaran Undang-Undang Pencurian, dengan hukuman maksimal 14 tahun penjara.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7445 seconds (0.1#10.140)
pixels