Banyuwangi luncurkan aplikasi wisata berbasis Android

Sabtu, 12 April 2014 - 16:29 WIB
Banyuwangi luncurkan aplikasi wisata berbasis Android
Banyuwangi luncurkan aplikasi wisata berbasis Android
A A A
Sindonews.com - Berkunjung ke Kabupaten Banyuwangi, tidak akan lagi ngeblank soal destinasi wisata. Saat ini sudah ada aplikasi berbasis android untuk mengetahui destinasi wisata di Kabupaten berjuluk Sun Rise of Java tersebut. Melalui aplikasi itu para turis dapat mengetahui langsung lokasi-lokasi di Banyuwangi.

Bupati Kabupaten Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas mengatakan, upaya tersebut sebagai bentuk menjaring turis mancanegara. "Untuk sementara memang masih berbasis Android, selanjutnya akan menyusul smartphone lain. Dengan aplikasi ini orang datang ke Banyuwangi tidak akan ngeblank," kata Anas. Sabtu (12/4/2014).

Dia menjelaskan, aplikasi tersebut menampilkan sejumlah tempat wisata, hotel, restoran, rumah sakit hingga kantor polisi terdekat dari lokasi pengguna. Misalnya, seorang turis masuk melalui Bandara Blimbing Sari dari situ langsung mengaktifkan aplikasi ini melalui android. Maka akan muncul destinasi-destinasi wisata terdekat.

"Untuk rutenya nggak perlu bingung karena sudah dipandu melalu Map di aplikasi tersebut untuk menuju ke Destinasi wisata, seperti Pantai Plengkung, Pulau Merah, Pantai Boom hingga Kawah Ijen," jelasnya.

Saat ini pengguna Smartphone di Indonesia mencapai 41 juta pada pertengahan 2013 dan akan menjadi 103,7 Juta pada tiga tahun mendatang. Sistem operasi Android sedang melejit mengalahkan sistem operasi lain.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pengguna internet di Indonesia hingga akhir 2013 sudah mencapai 71,19 juta orang. Mayoritas di antaranya mengakses internet melalui ponsel. Pasar itulah yang dibidik oleh Banyuwangi untuk mempromosikan sektor pariwisata.

”Hampir setengah dari para pengguna internet adalah kaum muda yang bisa dikategorikan sebagai kelas menengah. Mereka adalah penggerak pasar sektor pariwisata,” pungkas Anas.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6652 seconds (0.1#10.140)