Agar konsumsi baterai kamera awet

Minggu, 06 April 2014 - 17:04 WIB
Agar konsumsi baterai kamera awet
Agar konsumsi baterai kamera awet
A A A
BAGI penghobi photography pastinya pernah mengalami habis baterai saat seru-serunya mengabadikan momen. Biasa hal ini yang menyebabkan kita kehilangan selera memotret. Apalagi tidak ada baterai cadangan atau tidak ada 'colokan' listrik.

Atau saat memotret momen penting dan ternyata indikator baterai di kamera sudah mulai berkurang banyak sementara acara masih jauh dari selesai. Dalam situasi seperti ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya konsumsi baterai lebih hemat dan baterai bisa lebih tahan lama. Untuk menghindari hal tersebut apa yang harus dilakukan ?

- Matikan Auto Fokus gunakan manual fokus.
Cara ini khusus bagi anda pemakai kamera DSLR atau mirrorless (selama kamera anda memiliki fitur manual fokus dan memiliki focusing ring di lensa). Karena saat autofokus aktif, maka setiap kali kita memencet tombol shutter release separuh kamera akan memerintahkan lensa untuk mencarai fokus dan secara mekanis lensa akan berputar mengunci titik fokus.

- Minimalkan penggunaan LCD kamera
Kamera membutuhkan banyak energi listrik dalam penggunaan layar LCD, bila tidak benar-benar membutuhkannya, jangan nyalakan layar LCD. Gunakan viewfinder untuk membidik, dan jangan sering melihat hasil jepretan Anda di layar LCD. Jangan mengaktifkan live view.

- Matikan Image Stabilizer/Vibration Reduction
Dengan mematikan IS/VR kita bisa memperpanjang konsumsi baterai sampai 20% lebih lama.

- Naikkan ISO dan kurangi flash
Penggunaan flash yang ada di kamera akan sangat memboroskan baterai saat dipakai. Untuk menghindari ini naikkan setting ISO, agar hasil jepretan mendapat pencahaayaan yang terang.

- Memotret Lebih Selektif
Rencanakan untuk memotret sesuai kriteria dan fokus pada apa yang benar-benar sesuai dengan tujuan utama.

- Matikan kamera setiap selesai memotret
Meskipun kamera memiliki fitur auto turn off, jangan tunggu sampai mereka mati sendiri, setiap kali selesai memotret langsung matikan.

- Matikan Sensor Cleaning
Matikan sensor cleaning dalam menu kamera sehingga cukup bisa menghemat konsumsi baterai.

- Matikan Auto Review
Baik kamera DSLR atau pocket memiliki fitur bernama auto review. Biasanya setiap kali selesai mengambil foto, kamera akan menampilkan hasil jepretan anda di layar LCD untuk sekejap. Matikan fitur ini, cek buku manual anda untuk mengetahui cara mematikan fitur ini.

Mungkin Anda bisa menggunakan beberapa tips diatas dalam keadaan darurat. Tapi tidak ada salahnya bila Anda terapkan setiap melakukan aktifitas pemotretan. Baterai Anda akan lebih tahan lama. (Berbagai sumber)
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2207 seconds (0.1#10.140)