TV UHD lengkung hingga home appliance canggih

Kamis, 20 Februari 2014 - 15:04 WIB
TV UHD lengkung hingga home appliance canggih
TV UHD lengkung hingga home appliance canggih
A A A
Sindonews.com - Televisi Ultra High Definition (UHD) berukuran 78 inci dengan layar melengkung, mesin cuci dan AC yang dapat dikendalikan oleh smartphone, serta tablet dan kamera dengan beragam ukuran dan fitur menjadi highlight utama perhelatan Samsung Forum 2014 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Nusa Dua, Bali hari ini.

Samsung Forum merupakan konferensi tahunan yang digelar untuk memamerkan portofolio produk terbaru Samsung di kategori seperti TV, home appliance, printer, serta mobile device yang bakal diluncurkan sepanjang 2014.

"Pasar Asia Tenggara terus tumbuh. Kami ingin berkontribusi dengan cara menggabungkan inovasi yang kami miliki dengan apa yang dibutuhkan oleh pasar lokal di Asia," ujar Presiden dan CEO Samsung Asia, Moon Soo Kim, Kamis (20/2/2014).

Menurutnya, di kategori televisi misalnya, berlayar lengkung akan menjadi tren industri di masa depan. Pada akhir 2017, permintaan TV UHD diprediksi mencapai 60 juta unit. "Pasar TV UHD akan meroket, membentuk industri TV secara keseluruhan," ujarnya.

Untuk itu, Samsung memamerkan TV UHD berlayar lengkung U9000 dengan ukuran 78 inci. TV tersebut memiliki aberasi kurva (curvature) sebesar 4,2 meter, diklaim memberikan daya pandang (field of view) lebih lebar dan sensasi efek panoramik.

"Seolah-olah Anda melihat TV 3D tanpa perlu mengenakan kacamata. Film dan tayangan video yang ditonton akan jauh lebih baik dari sebelumnya," ujar Kim.

Samsung juga berusaha menyempurnakan ekosistem TV UHD dengan membenamkan prosesor quad core, perangkat UHD Evolution Kit dan UHD Video Pack, serta dukungan aplikasi Samsung Apps yang kini sudah lebih dari 1.000 aplikasi. "Konsumen akan mendapatkan kontrol lebih terhadap hiburan mereka di rumah," ucap dia.

Kim mengatakan, untuk kategori home appliance, Samsung percaya diri lewat produk kulkas Food ShowCase dan mesin cuci WW9000. Menurut VP Consumer Electronics Samsung Singapura Stanley Goh, kulkas terbaru Samsung di desain dalam beberapa zona sekaligus.

Ada family zone untuk menyimpan daging dan sayuran hingga kids zone untuk meletakkan kebutuhan anak seperti jus atau yoghurt. "Kulkas berfungsi untuk menyimpan berbagai makanan penting, tapi terkadang justru sulit ditemukan," kata Goh yang menyebut produk tersebut baru tersedia pada April 2014.

Sementara, WW9000 adalah mesin cuci front loader yang tidak hanya memiliki desain cantik, namun sangat canggih karena semua fungsinya diatur melalui layar sentuh 5 inci. "Dengan memilih menu Auto Optimal Wash, mesin cuci secara otomatis akan mengatur seberapa banyak deterjen ataupun pelembut yang dibutuhkan," papar Goh.

"Dan seandainya proses mencuci selesai, pengguna bisa langsung mendapat notifikasi lewat smartphone mereka," imbuhnya.

Khusus untuk mobile device, semua perangkat jagoan Samsung pada 2014 bisa langsung dicoba. Ada tablet Galaxy NotePro yang 12.1 inci yang kini sudah bisa dipesan (pre-order) di Indonesia, Galaxy TabPro 10.1 dan TabPro 8.4 inci untuk kalangan profesional, Kamera NX30 dan Galaxy Camera 2, hingga tablet Galaxy Tab Lite.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9037 seconds (0.1#10.140)