Tinggalkan Pesaing, Google Maps Telah Memotret 16 Juta Km untuk Street View

Senin, 16 Desember 2019 - 13:00 WIB
Tinggalkan Pesaing,...
Tinggalkan Pesaing, Google Maps Telah Memotret 16 Juta Km untuk Street View
A A A
MOUNTAIN VIEW - Untuk pertama kalinya sejak dibuat, Google baru saja memberikan angka cakupan untuk Google Earth dan Street View. Mesin pencari raksasa Amerika itu membuktikan bahwa mereka telah jauh di depan para pesaingnya.

Google sejauh ini selalu diam tentang angka-angka di balik salah satu layanan yang paling berguna. Layanan ini juga mungkin menjadi salah satu yang paling menguntungkan bagi perusahaan Mountain View.

Tetapi kemarin, Google memberikan akun terperinci. Tidak kurang dari 16 juta kilometer (km) telah difoto dan diintegrasikan ke dalam Google Maps untuk fungsi Street View yang terkenal. Jika angka itu tidak berarti bagi Anda, jumlah itu mewakili 400 kali mengelilingi Bumi. Menurut Google, ini sesuai dengan 88% dari daerah di mana orang tinggal.

Giz China mengutarakan, adapun Google Earth dan foto udara, telah membanfu meng-cover 93 juta kilometer persegi. Angka yang mengesankan bila dibandingkan dengan 510 juta kilometer persegi permukaan bumi.

Karena itu, Google sangat jauh di depan para pesaing, khususnya Apple. Merek Cupertino diketahui baru saja menambahkan fungsi mirip dengan Street View yang disebut Look Around dalam versi 13 iOS-nya. Fitur itu sudah mereka persiapan sejak tahun 2015.

Apple memang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mengejar ketinggalan. Sebab, di lapangan, Google berada 12 tahun ke depan di banding Apple.

Bukan hanya Apple, raksasa manufaktur China juga mengincar layanan ini. Pada Agustus lalu, Huawei mengumumkan kehadiran Map Kit, layanan pemetaan miliknya sendiri.

Jadi Google tidak punya pilihan selain berinovasi, seperti yang baru-baru ini dilakukan dengan mengintegrasikan Live View. Inovasi itu memungkinkan Anda untuk menggunakan Augmented Reality (AR) untuk menemukan jalan di sekitar dengan berjalan kaki atau dengan mengirim pejalan kaki atau memanfaatkan pemain ski untuk memetakan jalur dan lintasan ski, dan bahkan dasar laut .

Salah satu pendiri Google, Larry Page, yang mengundurkan diri sebagai CEO dari perusahaan induk Google Alphabet awal bulan ini, menyusun Street View pada tahun 2004. Tujuannya untuk membuat peta 360 derajat dunia yang melampaui jalan dan bisa memasuki lorong sempit.

Untuk mendapatkan gambar, Google menggunakan mobil, serta ransel yang disebut "trekker" yang dikenakan oleh pejalan kaki atau diikat ke unta dan domba. Biasanya teknik itu digunakan untuk mendapatkan gambar dari pegunungan atau jalur yang sulit ditempuh secara normal.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1640 seconds (0.1#10.140)