Kominfo Siapkan Strategi Logistik untuk 5 Tahun ke Depan

Senin, 28 Oktober 2019 - 14:05 WIB
Kominfo Siapkan Strategi Logistik untuk 5 Tahun ke Depan
Kominfo Siapkan Strategi Logistik untuk 5 Tahun ke Depan
A A A
JAKARTA - Direktorat Jendral Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Infromatika (Direktorat Jendral PPI Kominfo), mengungkap strategi untuk jasa logistik dan layanan pengiriman barang untuk 5 tahun ke depan.

Diungkap oleh Direktur Pos Direktorat Jenderal PPI Kominfo Ikhsan Baidirus dalam Seminar Nasional Designing of Digital Postal Business, Senin (28/9/2019), semua perusahaan yang terlibat dalam penyediaan jasa dan logistik bisa menerapkan teknologi terbaik yang bisa mempercepat jalannya bisnis itu.

"Strateginya adalah mengedukasi semua perusahaan yang terlibat dalam penyediaan jasa dan logistik, jasa kurir service dan delivery service pos ini untuk menerapkan teknologi terbaik yang bisa mempercepat, antaranya menjamin akurasinya, kemudian memperkuat sistem tracking tracing-nya, ujung-ujungnya yang menikmati adalah masyarakat, end-user, end-costumer-nya," ujarnya.

Selain itu Kominfo juga akan merumuskan kebijakan-kebijakan yang akan mendukung itu semua. Sebab skenarionya adalah semua berdasarkan regulasi yang memudahan, yang memberikan arah tepat, dan regulasi yang lebih baik sedemikian rupa.

"Sehingga, infrastruktur environment-nya atau ekosistem Pos dan delivery service ini menjadi semakin kondusif begitu," imbuhnya.

Sebab, begitu sistem logistik ini maju, maka produsen di tingkat UMKM, pengusaha kecil, pengusaha besar, hampir semuanya, ikut menikmati jaringan infrastruktur logistik dan delivery service ini.

"Jadi istilah pos dan delivery service, dan logistik itu semua blending jadi satu hal yang dimaksud adalah yang mendukung ekonomi digital, pada akhirnya ekonomi digital Indonesia akan maju bersama-sama dan semua sektor ikut menikmati itu, sektor telko ikut mendukung di situ, kecepatan infrastruktur internet dan broadboand saling memperkuat di situ, dan sistem transportasi semua bergandengan tangan untuk ekonomi digital," tandasnya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9137 seconds (0.1#10.140)