Menkominfo Kabinet Indonesia Maju Target Cetak Startup Hectocorn

Kamis, 24 Oktober 2019 - 07:25 WIB
Menkominfo Kabinet Indonesia Maju Target Cetak Startup Hectocorn
Menkominfo Kabinet Indonesia Maju Target Cetak Startup Hectocorn
A A A
JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Kabinet Indonesia Maju, Johnny G Plate baru saja melakukan serah terima jabatan (sertijab) dengan Menkominfo periode 2014-2019 Rudiantara. Meski baru menjabat, dia langsung mengusung target tinggi.

Politisi Partai NasDem ini sudah mencanangkan ambisi besar dengan ingin mencetak startup hectocorn. Adapun startup hectocorn adalah perusahaan rintisan dengan nilai valuasi di atas USD100 miliar.

Sejauh ini, Indonesia sudah memiliki empat startup unicorn dengan nilai valuasi USD1 miliar yakni Tokopedia, Traveloka, Bukulapak, dan Ovo. Sedangkan gelar startup decacorn sudah diraih oleh Gojek yang valuasinya USD10 miliar.

"Mampu menghasilkan lebih banyak unicorn lebih banyak decacorn dan kalau bisa kita punya startup dengan skala USD100 miliar," katanya saat sertijab di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Soal strategi apa yang akan digunakan, dia mengaku pemerintah akan menempatkan diri sebagai fasilitator. "Nanti banyak kan ada banyak ahlinya. Yang pasti pertama yang harus dilakukan adalah kemudahan. Peran regulator adalah menjadi juga fasilitator seperti disampaikan untuk mempercepat kesempatan-kesempatan, khususnya di digital ekonomi ini menjadi tempat selancarnya para milenial, itu akan menjadi perhatian yang besar," bebernya.

Namun, sambung dia, untuk itu bangsa ini perlu regulasi-regulasi yang memungkinkan selancar itu dilakukan dengan baik.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0673 seconds (0.1#10.140)