Palapa Ring Akan Dorong Kemajuan Papua Semakin Pesat

Selasa, 15 Oktober 2019 - 18:20 WIB
Palapa Ring Akan Dorong Kemajuan Papua Semakin Pesat
Palapa Ring Akan Dorong Kemajuan Papua Semakin Pesat
A A A
JAKARTA - Kepala Dinas Kominfo Jayawijaya, Papua, Isak Sawaki meyakini dengan diresmikannya Proyek Palapa Ring oleh Presiden Joko Widodo bisa membawa pertumbuhan ekonomi digital di Papua semakin pesat. Hal ini disampaikan Isak dalam Forum Medan Merdeka Barat 9 dengan tema Menghitung Dampak Palapa Ring, di Jakarta (15/10/2019).

“Khusus di Papua memang samar-samar layanananya, koneksi internetnya ada tapi belum sepenuhnya dan masih banyak keluhan di masyarakat. Khusus di Jayawijaya, dengan adanya peresmian Palapa Ring kami bersyukur, sehingga bisa mendukung karena bisa mendukung masyakat dalam usaha baik industri atau korporasi. Dan kami meyakini pertumbuhan ekonomi digital di Papua menjadi pesar,” ungkap Isak.

“Selama ini kita hanya menggunakan layanan internet menggunakan handphone dan saya harus terang bahwa meskipun di handphone kita layanannya 4G, tapi tidak sebaik di Jakarta, sehingga masih menjadi keluhan bagi masyarakat. Sehingga masyarakat yang punya usaha selalu bertanya, kapan Palapa Ring mulai beroperasi?” tambahnya.

Sehingga dengan peresmian Palapa Ring oleh bapak Presiden, kata Isak akan menjadi harapan bagi masyarakat di Jayawijaya untuk merasakan pemerataan sinyal internet. “Kita berharap di tahun 2020, apa yang kita dengungkan Indonesia Merdeka Sinyal betul-betul terealisasi.”

“Karena Papua ini memang selalui menjadi perhatian masyarakat seluruh Indonesia. Walau Papua dikatakan lebih dahulu menikmati cahaya mataharinya namun lebih lamban dalam menikmatinya. Artinya, dengan adanya Palapa Ring ini bisa membangkitkan segi-segi di masyarakat dalam dimensi kehidupan,” tegas Isak.Isak menambahkan akses internet di wilayah Jayawijaya digunakan untuk masyarakat juga dalam kehidupannya sehari-hari. “Kalau kita lihat mama-mama yang berjualan di Pasar mereka juga telah memegang HP untuk mereka gunakan mencari bahan yang mereka akan jual. Mereka komunikasikan apa yang akan mereka jual belikan.”

“Anak-anak muda juga menggunakan layanan internet meskipun masih terbatas dengan layanan operator tapi kita berharap bahwa ada Palapa Ring ada perluasan jaringan internet dari para operator tidak hanya satu perusahaan saja,” tambah Isak.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6095 seconds (0.1#10.140)