Dirilis Akhir Agustus, Ekosis Siap Untungkan Pelaku Agribisnis

Rabu, 21 Agustus 2019 - 18:09 WIB
Dirilis Akhir Agustus, Ekosis Siap Untungkan Pelaku Agribisnis
Dirilis Akhir Agustus, Ekosis Siap Untungkan Pelaku Agribisnis
A A A
JAKARTA - Industri agribisnis Tanah Air sudah semestinya mendapat perhatian lebih. Di samping negara kita yang terdiri dari kepulauan, Indonesia juga terkenal dengan kekayaan alam melimpah serta tanahnya yang subur.

Sayang sektor ini malah rendah tersentuh kemajuan global di mana teknologi berperan penting di dalamnya. Padahal seharusnya industri agribisnis juga ikut menyesuaikan kondisi tersebut, sehingga para pelaku di dalamnya turut merasakan kesejahteraan.
Berdasarkan kebutuhan itu, Ekosis, sebuah perusahan teknologi digital lokal mengembangkan platform yang memfokuskan diri di sektor agrobisnis. Tujuannya, memberikan solusi digital bagi para pelaku dan juga industri agribisnis di Nusantara.

"Ekosis adalah aplikasi marketplace agribisnis terlengkap di Indonesia mencakup seluruh sektor agribisnis. Mulai dari kelautan, pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan, sampai pertambangan," kata Albert Samuel, CEO Ekosis, di Jakarta, Rabu (21/8/2019).

Di samping itu, Ekosis juga menghadirkan solusi lain dengan menyediakan platform bagi penyedia jasa layanan angkutan untuk bisa memberikan layanan jasa logistik kepada para penjual dan pembeli di dalam aplikasi. Melalui fitur-fitur yang dimiliki, Ekosis diharapkan dapat menjadi solusi lengkap bagi permasalahan pada industri agribisnis.
Albert mengutarakan, dengan misi menciptakan ekosistem agribisnis yang terintegrasi dengan multi sektor yang dapat menyejahterakan para pelaku agribisnis melalui teknologi digital. Platform-nya berdiri dengan empat pilar utama yang menopang dan menjadi dasar inovasi.

Adapun empat pilar yang dimaksud Ekosis yaitu, Teknologi Digital yang memberikan kemudahan jual-beli online dengan fitur-fitur mudah dan aman hingga praktis digunakan semua pengguna. "Pilar kedua, Perdagangan Adil dan Transparan. Maksudnya semua harga, proses panen, dan penangkapan, informasi produk dan jasa semuanya diberikan secara transparan dan dapat diakses oleh para pengguna," sebutnya.

Sedangkan pilar ketiga ialah Bisnis yang Berkelanjutan. Yakni, Ekosis memiliki misi untuk mengedepankan setiap pelaku agribisnis agar memiliki bisnis berkelanjutan. Plus mengedepankan kelestarian lingkungan yang asri dan berkelanjutan. Karena pada dasarnya sektor agribisnis ini sangat bergantung kepada ketersediaan sumber daya alam.Pilar terakhir, Kesejahteraan Pelaku Agribisnis. Dari sini diharapkan Ekosis dapat menjadi solusi dari salah satu masalah terbesar industri agribisnis dan pertambangan, yakni masih banyak pelaku agribisnis berada di bawah garis kemiskinan.
“Dengan didasari keempat pilar ini dan dilengkapi fitur-fitur yang menarik, Ekosis hadir di tengah masyarakat dan semua pelaku agribisnis untuk sama-sama membangun dan mensejahterakan setiap sektor agribisnis di penjuru Indonesia,” tutur Albert.

Ekosis sendiri diharapkan dapat memberikan solusi teknologi terdepan bagi industri agribisnis, menyejahterakan setiap pelaku agribisnis termasuk petani, nelayan, penyedia jasa angkutan, dan pengusaha industri agribisnis. Caranya dengan mewujudkan transaksi adil dan transparan guna menciptakan bisnis yang berkelanjutan.
"Rencananya aplikasi Ekosis akan mulai diluncurkan pada Akhir Agustus 2019 dengan diiringi sosialisasi mulai dari offline, seperti agen-agen yang akan terjun ke daerah, kemudian juga online yang memanfaatkan interaksi digital," pungkasnya.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6199 seconds (0.1#10.140)