Masih Bawa OS Android, Huawei Mate X Diluncurkan Paling Lambat September

Minggu, 23 Juni 2019 - 16:00 WIB
Masih Bawa OS Android, Huawei Mate X Diluncurkan Paling Lambat September
Masih Bawa OS Android, Huawei Mate X Diluncurkan Paling Lambat September
A A A
Samsung Galaxy Fold masih belum ada kabar kapan diluncurkan sejak batal pada 26 April lalu. Kondisi tersebut menjadi kesempatan sempurna bagi Huawei untuk menyalip dan meluncurkan Mate X sebagai handphone layar lipat pertama di dunia agar menyerap perhatian media

Perangkat layar lipat sejatinya sudah dimulai dengan kehadiran Royale Flexpai. Namun merek ini belum memiliki "nama" untuk bisa berbicara banyak di segmen baru industri smartphone tersebut.

Laman Phone Arena menyebutkan, berdasarkan keterangan awak TechRadar yang berbicara langsung dengan Vincent Pang, Presiden Wilayah Eropa Barat Huawei terungkap handset segera meluncur pada bulan September. "Peluncuran ini akan datang pada bulan September, paling lambat. Mungkin lebih awal, tapi pasti September dijamin (Mate X hadir di pasar)," kata Pang.

Dia juga mengatakan, ponsel akan memiliki sistem operasi (OS) Android yang sudah diinstal pada saat peluncuran. Beberapa bulan lalu publik mungkin berpikir asumsi ini salah karena banyak perusahaan penunjang yang yang tidak dapat mengamankan pasokan dari perusahaan AS.

Ya sistem operasi asal Google masih diperkenakan menjadi platform smartphone berbasis Android. Karena handphone canggih ini diumumkan pada bulan Februari, jauh sebelum penempatan Huawei pada Daftar Entitas Departemen Perdagangan AS bulan lalu. Huawei juga telah bekerja pada layar Mate X untuk mencegah terulangnya masalah yang terjadi pada Samsung Galaxy Fold.

Peng mengatakan, Mate X akan tersedia di negara mana saja dengan layanan 5G, kecuali AS. Para pembuat UU di AS menganggap Huawei sebagai musuh publik nomor satu lantaran ada potensi China menuntut agar Huawei mengumpulkan data intelijen dan mengirimkannya ke Beijing.

Ada kekhawatiran ponsel dan peralatan jaringan Huawei mengandung pintu belakang yang akan bertindak sebagai saluran bagi anggota kunci pemerintahan Presiden Xi Jinping. Namun Huawei tak bosan untuk selalu membantahnya.

Huawei Mate X menutup ke luar tidak seperti Galaxy Fold yang ketika ditutup, tampilan depan akan berukuran 6,6 inci dengan resolusi 1.148 x 2.480. Layar belakang seluas 6,4 inci dengan resolusi 892 x 2480. Sewaktu dibuka, pasangan layar bergabung untuk menghasilkan tampilan 8-inci dengan resolusi 2200 x 2480.

Kirin 980 SoC kabarnya mnejadi chip yang sama yang ditemukan di P30, P30 Pro dan, Mate 20 Pro. Pengaturan quad-camera ada di bagian belakang dengan kamera utama 40 MP, telefoto 8 MP dengan 3x optical zoom, 16MP kamera ultra-lebar, dan sensor kedalaman Time-of-Flight. Terakhir, kapasitas baterainya mencapai 4.500 mAh.

Jika berada di negara yang menyambut kedatangan Huawei, maka Anda harus merogoh kocek hingga Rp37 juta per unit.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8281 seconds (0.1#10.140)