MediaTek Keluarkan SoC 7nm 5G dari Pabrik, Tanda Handphone 5G Lebih Murah?

Kamis, 07 Maret 2019 - 12:26 WIB
MediaTek Keluarkan SoC 7nm 5G dari Pabrik, Tanda Handphone 5G Lebih Murah?
MediaTek Keluarkan SoC 7nm 5G dari Pabrik, Tanda Handphone 5G Lebih Murah?
A A A
HONG KONG - Ketika kita bicara tentang chip unggulan di handphone berbasis Android, pasti semua merujuk pada Snapdragon 855, Exynos 9820, dan Kirin 980. Namun tampaknya SoC atau prosesor flagship baru bagi Android akan tersedia akhir tahun ini dan itu berasal dari MediaTek.

Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, MediaTek mengonfirmasi bahwa mereka akan mengumumkan chip berbasis 7nm yang mendukung jaringan 5G tahun ini. Chip ini pasti akan lebih baik daripada SoC andalannya saat ini, Helio P90.Jika MediaTek benar-benar memproduksinya, bisa jadi harga smartphone berbasis 5G bakal lebih murah dari yang ada di pasaran. Sebab, pabrikan chipset ini dikenal dengan kebijakan harga murahnya untuk prosesor yang dibuat.
Laman Giz China, Kamis (7/2/2019), menyebutkan, Helio P90 dirilis pada Desember 2018, menggunakan proses 12nm dan merupakan yang pertama memperkenalkan inti besar Cortex A75 pada platform MTK. Dengan PowerVR GM 9446 GPU dan APU 2.0 yang terintegrasi, kinerjanya mirip dengan Snapdragon 710.

Finbarr Moynihan, Wakil Presiden Penjualan dan Pengembangan Bisnis untuk MediaTek Eropa dan Amerika Serikat, menunjukkan bahwa SoC yang akan datang diposisikan untuk yang paling tinggi. Tapi dia tidak mengonfirmasi apakah ini berarti bahwa seri Helio X secara resmi bakal kembali.

MediaTek mengatakan, bahwa prosesor ini akan berkemampuan 5G yang menunjukkan bahwa pembuat chip mungkin tidak mengintegrasikan baseband 5G di tingkat SoC. Tetapi akan kompatibel dengan baseband Helio M70 5G.

Bagaimanapun, chipset flagship baru pertama Qualcomm dengan terintegrasi 5G tidak akan tersedia hingga paruh pertama tahun depan. Selain itu, pada acara rilis Helio P90, MediaTek telah mengumumkan kepada wartawan, chip generasi berikutnya akan memperkenalkan arsitektur Cortex A76, yang seharusnya merupakan chip 7nm ini.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7205 seconds (0.1#10.140)