Startup GudangImpor Punya Solusi Mudahkan Bisnis Ekspor-Impor

Senin, 26 November 2018 - 17:26 WIB
Startup GudangImpor Punya Solusi Mudahkan Bisnis Ekspor-Impor
Startup GudangImpor Punya Solusi Mudahkan Bisnis Ekspor-Impor
A A A
JAKARTA - Startup berbasis teknologi yang fokus pada layanan jasa beli barang di luar negeri, yakni GudangImpor, kembali memperkenalkan layanan pengiriman impor terbaru Ship for Me. Tujuannya mempermudah proses pengiriman barang dari Indonesia ke luar negeri dan sebaliknya (ekspor-impor), khususnya yang terbentur dengan permasalahan regulasi yang berlaku di Indonesia.

“Saat ini GudangImpor menyediakan layanan baru yaitu Ship for Me, yang tujuannya membantu online store kecil dan juga teman-teman yang mungkin sedang kuliah ataupun bekerja di luar negeri. Khususnya yang mengalami kesulitan mengirimkan barang ke Indonesia dikarenakan terganjal dengan regulasi yang berlaku di Indonesia,” ungkap Bramanto Eddi Putra, Business Operation Manager GudangImpor saat ditemui di kantor GudangImpor di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (26/11/2018).

Hadirnya layanan Ship for Me dilatarbelakangi sejumlah kasus pengiriman barang. Pihaknya melihat masih banyak orang yang melakukan pengiriman barang secara borongan. Mereka masih belum memahami bagaimana prosedur yang benar mengenai pengiriman barang dari dan ke luar negeri.

“Kami ingin memperbaiki hal tersebut, cara yang benar itu seperti apa, jika harus bayar pajak, ya kita bayarkan pajaknya, jika free tetap free, intinya sesuai dengan regulasi yang berlaku," tukas Bramanto.

Lewat layanan Ship for Me ini, kata dia, dianalogikan seperti mengirim barang secara bersama-sama dengan GudangImpor dan patner-patner lainnya. Dengan demikian biayanya akan jauh lebih terjangkau.

"Dan jangka waktu yang dibutuhkan dari barang dikirimkan hingga sampai di tangan penerima (lead time) hanya 7 hari kerja. Prosesnya, misalkan ada beberapa online store di Amerika yang tidak dapat mengirimkan langsung barang ke Indonesia, kami konsolidasikan bareng di GudangImpor kemudian baru dikirim ke Indonesia,” tutur Bramanto.

Selama ini, sambung dia, GudangImpor hanya dikenal sebagai layanan jasa beli barang dari luar negeri. "Sekarang lewat layanan Ship for Me ini kami juga akan mempermudah pengiriman barang ke luar negeri atau ekspor bagi para online store yang mungkin masih belum mengetahui regulasinya secara jelas. Di samping kami juga akan membantu mempromosikan produk mereka ke luar negeri,” jamin Bram.

GudangImpor adalah situs belanja daring yang menawarkan jasa pembelian berbagai macam jenis produk. Mulai dari elektronik, buku, sepatu, tas, mainan anak dan peralatan rumah tangga, serta perlengkapan traveling dan olahraga dari berbagai situs belanja terkenal di luar negeri seperti Amazon, eBay, Zappos, Foot Locker, dan lainnya.

GudangImpor sebenarnya sudah ada sejak 2015, awalnya hanya diperkenalkan melalui media sosial. Lalu di akhir 2016-2017, perusahaan mulai terjun secara profesional.

"GudangImpor memang baru melayani pemesanan produk-produk dari AS, tapi tahun ini akan memperluas jasanya ke Asia hingga Eropa," pungkasnya.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0022 seconds (0.1#10.140)