Trafik Meroket, XL Axiata Genjot Kualitas Layanan Data di Jateng

Selasa, 06 November 2018 - 22:24 WIB
Trafik Meroket, XL Axiata Genjot Kualitas Layanan Data di Jateng
Trafik Meroket, XL Axiata Genjot Kualitas Layanan Data di Jateng
A A A
GROBOGAN - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menggenjot kualitas layanan data di Jawa Tengah guna menjaga kualitas layanan seiring meningkatnya trafik pemakaian layanan data di wilayah tersebut.

Provinsi Jawa Tengah menjadi salah satu wilayah layanan XL Axiata yang mendapatkan prioritas untuk peningkatan kualitas layanan data. XL Axiata terus memperkuat infrastruktur layanan data, antara lain dengan menambah jumlah BTS 4G LTE di sejumlah kota dan kabupaten.

“Sejak lebih dari setahun lalu, layanan 4G LTE XL Axiata telah masuk ke seluruh kota dan kabupaten di Pulau Jawa. Meski demikian, kami tetap harus terus membangun infrastruktur data di provinsi Jawa Tengah, baik untuk mengakomodir peningkatan trafik yang terjadi, maupun untuk penetrasi ke area-area yang belum terjangkau 4G LTE agar semakin merata area layanan data yang berkualitas," ungkap Group Head Commercial Go To Market XL Axiata, Rahmadi Mulyohartono, Selasa (6/11/2018).

Jawa Tengah, sebut dia, adalah salah satu wilayah yang paling dinamis dan mengalami peningkatan trafik data paling tinggi. "Kami akan terus menjaga performa di wilayah ini,” janjinya.

Menurut Rahmadi, trafik penggunaan layanan data yang terus meningkat secara signifikan menunjukkan tingkat konsumsi pelanggan semakin tinggi. Hal ini harus diimbangi dengan penyesuaian pada sisi infrastruktur jaringan agar tingkat kepuasan pelanggan bisa terjaga bahkan ditingkatkan.

Dalam setahun terakhir, trafik layanan data XL Axiata di Jawa Tengah meroket hingga 75%. Sementara itu jumlah pelanggan yang menggunakan layanan data mencapai kurang lebih 4,7 juta, atau sekitar 64% dari total pelanggan di Jawa Tengah.

Salah satu faktor pendorong peningkatan pelanggan dan trafik data ialah diluncurkannya sejumlah program yang menarik. yakni progran yang mampu memberikan benefit lebih bagi pelanggan.

Peningkatan trafik terjadi hampir di semua kota/kabupaten di Jawa Tengah. Trafik tertinggi terjadi di kota/kabupaten, seperti Kabupaten Rembang, Jepara, Pati, dan Kabupaten Grobogan dengan peningkatan mencapai 182% pada periode Januari-September 2018. Selain program yang menarik, peningkatan ini turut ditopang oleh ketersediaan lebih dari 8.410 BTS 3G dan 4G di Jawa Tengah. XL Axiata akan terus melakukan sosialisasi manfaat layanan data di daerah-daerah yang dinilai masih belum maksimal pemakaiannya.

Hingga akhir September 2018, XL Axiata telah memiliki lebih dari 116.134 BTS, dengan 50.476 unit di antaranya merupakan BTS 3G dan lebih dari 28.028 unit merupakan BTS 4G. Jaringan 4G LTE milik XL Axiata kini telah menjangkau 387 kota/kabupaten di berbagai penjuru wilayah di Indonesia.

"Pembangunan infrastruktur BTS 4G akan terus dilakukan selaras dengan fokus XL Axiata untuk menjadi perusahaan penyedia layanan koneksi data pilihan di Indonesia," pungkasnya.

Sementara itu, Group Head Central Region XL Axiata, Rd. Sofia Purbayanti, yang juga membawahi wilayah layanan Jawa Tengah, mengatakan, guna meningkatkan pemahaman masyarakat di beberapa kota/kabupaten mengenai manfaat layanan data berkualitas XL Axiata, maka perusahaan menggelar beberapa program secara khusus.

Program yang dimaksud adalah “Xtra Combo Lite” dan “YouTube Paket”. Ada tiga area yang mendapatkan kedua program khusus tersebut, yaitu Kabupaten Grobogan, Blora, dan Rembang. Di ketiga kabupaten yang saling berdekatan tersebut, jaringan data XL Axiata didukung lebih dari 320 BTS 3G dan sekitar 200 BTS 4G.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5303 seconds (0.1#10.140)