XL Axiata Dongkrak Kualitas Layanan Data di Sulawesi Utara

Rabu, 17 Oktober 2018 - 07:00 WIB
XL Axiata Dongkrak Kualitas Layanan Data di Sulawesi Utara
XL Axiata Dongkrak Kualitas Layanan Data di Sulawesi Utara
A A A
MANADO - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) membuktikan komitmennya untuk meningkatkan kualitas layanan data di seluruh wilayah layanan, termasuk di luar Pulau Jawa. Trafik layanan data yang terus meningkat seiring peningkatan jumlah pengguna smartphone, serta aktivitas digital menuntut perusahaan mampu menjaga kualitas layanannya.

Sulawesi Utara menjadi salah satu fokus area XL Axiata dalam peningkatan kualitas layanan data. Peningkatkan itu dilakukan melalui penambahan jumlah BTS di sejumlah kabupaten dan kota di provinsi tersebut.

“Manado menjadi kota pertama di Kawasan Timur Indonesia yang merasakan manfaat layanan 4G LTE dari Xl Axiata sejak 2015. Itu menunjukkan Sulawesi Utara memiliki potensi pasar yang besar. Untuk itulah pembangun infrastruktur di area ini terus ditingkatkan guna mengakomodir peningkatan trafik," tutur Group Head Commercial Go To Market XL Axiata, Rahmadi Mulyohartono, Selasa (16/10/2018).

Lebih lanjut Rahmadi mengatakan, dalam setahun terakhir, trafik layanan data XL Axiata di Sulawesi Utara meningkat hingga 94%. Sementara jumlah pelanggan yang menggunakan layanan data kini mencapai kurang lebih 1,1 juta, atau 88% dari total pelanggan XL Axiata di sana.

Salah satu faktor pendorong peningkatan pelanggan dan trafik data adalah diluncurkannya sejumlah program yang menarik. "Program yang mampu memberikan benefit lebih bagi pelanggan," imbuhnya.

Peningkatan trafik terjadi hampir di semua kota/kabupaten di Sulawesi Utara. Trafik tertinggi antara lain terjadi di kota/kabupaten seperti Kota Palu, Kota Manado, Kabupaten Parigi Moutong, serta Kabupaten Minahasa Utara dengan peningkatan 94%.

XL Axiata akan terus melakukan sosialisasi manfaat layanan data di daerah-daerah yang dinilai masih belum maksimal pemakaiannya. Saat ini di seluruh Sulawesi Utara, layanan data XL Axiata didukung oleh sekitar 400 BTS 3G dan lebih dari 160 BTS 4G. Khusus Manado, XL Axiata memiliki sekitar 150 BTS 3G dan lebih dari 100 BTS 4G.

Pada semester pertama 2018, XL Axiata telah memiliki lebih dari 111.000 BTS, lebih dari 67% nya merupakan BTS 3G & 4G untuk mendukung layanan data. Pembangunan infrastruktur BTS 4G akan terus dilakukan selaras dengan fokus XL Axiata untuk menjadi perusahaan penyedia layanan koneksi data pilihan di Indonesia.

"XL Axiata menyediakan beragam produk untuk mengakomodir kebutuhan layanan data dan digital masyarakat di Sulawesi Utara ini. Beberapa layanan yang dipercaya sesuai dengan kebutuhan para warga kota Manado antara lain Paket YouTube, Xtra Combo Lite dan Xtream Smartphone 4G," ungkap Vice President North Region XL Axiata, Desy Sari Dewi.

Paket Xtra Combo Lite merupakan produk unggulan dari XL yang memberikan benefit internet mulai dari 4,5 GB hingga 37 GB. Di mana pada kota-kota tertentu akan mendapatkan tambahan kuota dari 1,5 GB hingga 18 GB yang dapat digunakan di semua jaringan.

Paket Xtra Combo Lite ini dapat dinikmati oleh pelanggan baru dan pelanggan lama yang sudah memiliki paket Xtra Combo Lite. Bagi pelanggan baru, manfaat dari program ini bisa langsung didapatkan begitu aktivasi kartu.Sementara bagi pelanggan lama, manfaat akan didapatkan setelah pelanggan melakukan perpanjangan paket data baru. Khusus wilayah Sulawesi Utara, kota-kota yang dapat menikmati benefit tambahan berupa “Double Lokal Kuota” yaitu Kota Tomohon, Kota Manado, Kab. Minahasa, Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, dan Kabupaten Minahasa Utara.
Sementara program “YouTube Paket” adalah produk khusus untuk pelanggan di area tertentu yang memberikan benefit 15 GB untuk akses YouTube dan iFlix hanya dengan Rp1.000/30 hari. Paket ini hanya tersedia di UMB *123# bagi pelanggan di 27 kota. Khusus untuk wilayah Sulawesi Utara, kota-kota yang dapat menikmati benefit ini yaitu Manado dan Tomohon.

Selain kedua produk di atas, XL juga memiliki XTREAM Smartphone 4G yang menawarkan keunggulan untuk mengakses layanan video online untuk berbagai tujuan baik hiburan, informasi, maupun edukasi. Pelanggan yang membeli smartphone 4G ini akan mendapatkan manfaat berupa kuota YouTube unlimited selama 24 jam, satu tahun penuh, dan 1 GB x12 bulan untuk akses data dan internet termasuk media sosial.

"Pelanggan juga akan mendapatkan keleluasaan mengakses layanan penyedia film “iFlix” termasuk konten VIP tanpa biaya berlangganan, serta gratis layanan telepon dan SMS ke sesama nomor XL," pungkasnya.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2421 seconds (0.1#10.140)