Apple Akuisisi Startup Demi Saingi Spotify

Selasa, 16 Oktober 2018 - 11:02 WIB
Apple Akuisisi Startup Demi Saingi Spotify
Apple Akuisisi Startup Demi Saingi Spotify
A A A
JAKARTA - Apple dikabarkan telah mengakuisisi perusahaan perintis (startup) bernama Asaii, perusahaan analis musik yang fokus pada pencarian artis baru.

Hal itu diketahui dari tiga co-founder Asaii yang di akun LinkedIn mereka telah bekerja untuk Apple Music. Apple dikabarkan membayar USD 100 juta (Rp 1,5 triliun) untuk mendapatkan startup ini, meski memang belum diumumkan secara resmi. Langkah ini seolah menunjukan bahwa Apple benar-benar serius menggarap bisnis musik streaming-nya untuk bersaing dengan Spotify.

Dilansir dari Phone Arena, Selasa (16/10/2018) Startup yang didirikan pada tahun 2016 ini menggunakan kecerdasan buatan (AI) yang mengumpulakn data dari layanan musik dan media sosial. Menurut situs Asaii, mereka dapat menemukan lagu atau artis yang akan hits 10 minggu atau bahkan satu tahun sebelum pembuatan tangga lagu.

Hal ini akan membuat Apple Music dapat merekomendasikan artis atau lagu tersebut lebih dulu, sebelum akhirnya ada diputar di radio.

Asaii juga menghasilkan algoritma rekomendasi yang mampu digunakan oleh laynan streaming untuk memberikan saran musik yang relevan kepada setiap penggunanya.

Dengan akuisisi ini, Apple berharap teknologi yang dimiliki Asaii mampu digunakan untuk perusahaan bersaing dengan Spotify dalam menghadirkan daftar putar harian atau mingguan.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1653 seconds (0.1#10.140)