Ini Jajaran Media Penampil Pesan Terbaru Penyokong Smart City

Selasa, 17 Juli 2018 - 18:00 WIB
Ini Jajaran Media Penampil Pesan Terbaru Penyokong Smart City
Ini Jajaran Media Penampil Pesan Terbaru Penyokong Smart City
A A A
SEOUL - Pemikiran digitalisasi sudah merambah ke pelosok daerah di Tanah Air. Visi smart city pun didengungkan banyak kepala daerah guna memajukan masyarakat dan daerahya. Nah guna menyokong perwujudan dari smart city, PT LG Electronics Indonesia di pertengahan tahun ini melepas total solution untuk Media Penampil Pesan.

Hartono, Divisi Business to Business (B2B), PT LG Electronics Indonesia mengatakan, perusahaan optimistis dengan pertumbuhan bisnis ini. Sebab digitilasi akan melanda semua sektor kehidupan, baik pelayanan umum maupun bisnis. "Digitilasi sudah menjadi keharusan," katanya saat mengenalkan jajaran baru media penampil pesan (information display) LG di Jakarta.

Mengawali langkahnya pada semester kedua ini, perusahaan berbasis di Korea Selatan tersebut memperkenalkan tiga produk media penampil pesan anyar. Lebih dari sekedar menyediakan platform baru penyampai pesan komersial bagi pemilik usaha kepada publik sasarannya, langkah ini dikatakan terkait upaya LG dalam mendukung terwujudnya visi smart city bagi masa depan wajah perkotaan di Nusantara.
Ini Jajaran Media Penampil Pesan Terbaru Penyokong Smart City

“Dengan kualitas keterhubungan lebih baik diantara populasi menjadi salah satu kunci utama visi kota pintar, keunikan dari teknologi inovatif dalam berbagai koleksi media penampil komersial LG ini memberikan kemudahan akses publik akan informasi yang diperlukannya,” ungkap Agustian Yusetia, B2B, Business Head, Information Display Division, PT LG Electronics Indonesia.

Hal ini terkait fleksibilitas pengaplikasian berbagai produk yang dapat menjangkau banyak sektor pelayanan publik. Antara lain, transportasi, keamanan, kesehatan, dan lainnya.

Inovasi koleksi media penampil pesan komersial terbaru LG fokus pada dua hal besar. Selain dukungan teknologi media penampil terkini, fleksibilitas tinggi pengaplikasian produk untuk pemanfaatan pada berbagai kontur bidang merupakan hal utama yang menjadi daya tariknya.Bicara mengenai teknologi media penampil elektronik, LG menyandarkannya pada penggunaan panel Organic Light Emitting Diode (OLED) dan inovasi Light Emitting Diode terkini.

Penggunaan panel OLED, menurut Agustian, bukan semata karena LG telah dikenal menjadi produsen utama panel ini. Namun lebih karena keunggulannya dalam menampilkan berbagai warna dalam detail yang kaya.

Hal ini tak lepas dari teknologi OLED yang memangkas penggunaan backlight dan memungkinkan setiap piksel dapat mengatur pencahayaan sendiri secara organik. Hadir tanpa backlight juga membuat penggunaan panel OLED memangkas dimensi tebal yang tak dapat dicapai panel lainnya di pasar hingga saat ini. “Selain pesan tertampil dengan kaya warna, dimensinya yang tipis lebih memudahkan instalasi pada berbagai bidang,” ujar Agustian Yusetia lagi.

Sementara untuk teknologi Light Emitting Diode, dia menyebutkan, pengalaman panjang LG berkecimpung dengannya telah membuat perusahaan mampu berinovasi menyentuh pada inti teknologi. Pada produk barunya ini, hasil inovasi LED tersebut ada pada penciptaan jarak antar lampu LED yang lebih sempit dan terapannya pada media lapisan film.

Deretan produk information display terbaru yang menjadi andalan LG bersaing di Indonesia, yaitu:

LG OLED Video Wall
Produk ini ditujukan sebagai penampil pesan yang mendukung format gambar dinamis untuk pengaplikasian di dinding. Tersedia dalam dua dimensi yaitu 55 inci dengan resolusi Full HD dan 65 inch yang mengusung resolusi Ultra HD 4K. Yang menjadikannya unik, pemiliknya dapat menyusun dalam rangkaian horizontal hingga dimensi luas yang diinginkan.
Ini Jajaran Media Penampil Pesan Terbaru Penyokong Smart City

Upaya perusahaan memberikan efek lebih dramatis dari gambar pesan yang ditampilkan tak hanya bersandarkan pada penggunaan panel OLED. Lebih dari itu, LG berinovasi dengan meminimalkan jarak antar tepian dari rangkaian LG OLED Video Wall ini menjadi hanya 3,5 mm.

Jarak yang dikenal dalam ukuran bezel to bezel ini berkurang signifikan. Dibandingkan produk di kategori sama sebelumnya yang punya selisih 7,9 mm, kali ini gap-nya lebih tipis lagi.

“Tipisnya gap antar tepian susunan LG OLED Video Wall mampu membuat gambar tertampil utuh pada jarak pandang lebih dekat. Hal yang mendukung penyampaian pesan lebih baik dari generasi sebelumnya,” kata Agustian Yusetia lagi.

Kemampuan menghasilkan warna-warni dramatis dari panel OLED-nya, ditambah tipisnya jarak antar tepian ini, kata Agustian, membuatnya tepat untuk ditempatkan pada area-area yang bersifat eksklusif dan artistik. Di samping peritel premium, LG OLED Video Wall dapat pula ditempatkan pada galeri seni dan museum.

LG In-Glass Wallpaper OLED
Masih berbasis teknologi OLED, kata in-glass pada produk ini merujuk pada bentuknya yang membuat kesan sebuah panel OLED tertanam di dalam lapisan sebuah kaca. Memiliki bentang layar 55 inchi, pengaplikasian produk ini dapat digantung pada langit-langit maupun peletakan berdiri di lantai (floor standing).

Berdiri di depan perangkat ini tak ubahnya melihat sebuah unit LG OLED TV. Kejutan bakal terasa bila coba menggeser pandangan ke sisi belakangnya. Alih-alih menemukan sisi penutup, anda akan menemukan layar berukuran sama dengan bagian depan. Yang lebih mengesankan, kedua layar yang saling berpunggungan ini dapat diatur untuk menampilkan pesan yang sama mapun berbeda.

Terapan desain unik dalam lapisan kaca yang membuatnya terkesan elegan dengan kemampuan menampilkan pesan yang merangkul dua sisi audiens yang berseberangan menguatkan kesan, bahwa LG sedari awal mendesainnya untuk peruntukan pada area publik in-door yang lebih luas.

“Desain unik ini membuatnya mudah mencuri perhatian pandang. Sementara layar dua sisi jelas memberikan keuntungan memperluas jangkauan penyampaian pesan mencakup dua arah yang berseberangan. Baik menguatkan pesan yang sama maupun untuk menampilkan pesan penting lainnya,” papar Agustian Yusetia.

Bila kedua produk penampil pesan berteknologi OLED ini lebih ditujukan bagi penyampaian pesan dalam ruang, solusi LG bagi media penyampai pesan yang menjangkau khalayak lebih luas hadir melalui dua produk hasil inovasi teknologi LED terkininya.

LG Fine Pitch LED Signage
Dilihat dari bentuknya yang besar dengan penempatan di luar ruang, produk sekilas tak ubahnya seperti LED videotron yang mulai marak digunakan di beberapa tempat. Hal ini bila melihat pada bentuknya yang tanpa panel dan benar-benar hanya mengandalkan susunan lampu LED.
Ini Jajaran Media Penampil Pesan Terbaru Penyokong Smart City

Inovasi besar yang dilakukan LG terdapat pada namanya, yakni fine pitch. Pilihan nama ini merujuk pada inovasi LG yang memperkecil jarak antarsusunan lampu LED yang membentuk layar besar ini.

LG Fine Pitch LED Signage memiliki tiga pilihan jarak antarlampu (pixel pitch) yang sangat rekat yaitu 1,5 mm, 2 mm, dan 3mm. “Jarak antarlampu yang semakin sempit membuat gambar tertayang tampak lebih utuh yang mencipta kesan lebih hidup sehingga informasi yang ingin disampaikan lebih mudah,” kata Agustian lagi.

Pilihan penggunaan LG Fine Pitch LED Signage yang tanpa panel ini membuat pemiliknya dapat lebih fleksibel menentukan besaran dimensinya. Hal ini pula yang menjadikan ide peruntukannya dapat sebagai layar bagi ruang kendali (control room), retail hingga dalam industri penyiaran.

Melengkapi seluruh inovasi dalam keseluruhan produk terbarunya ini, Agustian menyatakan, LG telah menyertakan sistem manajemen konten yang mudah sebagai dukungannya. Dinamai LG Supersign Content Management Software, perangkat lunak ini memungkinkan pengaturan dan distribusi content terpusat secara nirkabel.

"Untuk memberikan kenyamaan konsumen, produk ini mendapat jaminan garansi selama tiga tahun," janjinya.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3408 seconds (0.1#10.140)