Pusat Data Bertumbuh, PT Data Center Integras Gandeng EPI

Selasa, 17 Juli 2018 - 14:35 WIB
Pusat Data Bertumbuh, PT Data Center Integras Gandeng EPI
Pusat Data Bertumbuh, PT Data Center Integras Gandeng EPI
A A A
MENURUT studi Orbis Research, peningkatan penggunaan layanan berbasis cloud, big data analytics, dan internet of things (IoT) telah membantu pertumbuhan signifikan pembangunan pusat data di seluruh dunia.

Analis memperkirakan, pasar pusat data di Asia Tenggara tumbuh pada CAGR sebesar 13,88% selama periode 2015-2021. Menurut Asosiasi Penyedia Pusat Data Indonesia (IDPRO), ada tiga pendorong utama dalam bisnis pusat data di Indonesia. Pertama, makroekonomi dengan pertumbuhan penduduk, pertum buhan PDB per kapita, pertumbuhan sektor ritel. Kedua, teknologi dengan peningkatan infrastruktur internet di sebagian besar kota, ketersediaan ponsel cerdas dengan harga terjangkau, dan pertumbuhan ecommerce.

Ketiga, regulasi mengenai kedaulatan data, keamanan nasional, dan perlindungan data pribadi, seperti Peraturan Bank Indonesia No 9/15/2007 tentang Manajemen Risiko Penggunaan Teknologi Informasi oleh Bank Umum dan Peraturan Pemerintah No 82/2012 Sistem Elektronik dan Transaksi.

Saat ini anggota IDPRO menguasai lebih dari 80% pangsa pasar pusat data di Indonesia. Untuk menangkap peluang di pasar pusat data Indonesia, perusahaan di bidang solusi pusat data endto- end menunjuk PT Data Center Integrasi (DCI) bekerja sama dengan Enterprise Products Integration (EPI).

Sejak Januari 2018, DCI telah menawarkan jasa audit dan sertifikasi kelas dunia standar EPI untuk DCDVData Centre Design Validation, DCCC-Data Centre Conformity Certification, dan DCOSData Centre Operations Standard kepada pelanggan di Tanah Air.

“Kami optimistis dengan pasar pusat data Indonesia yang terus tumbuh. Salah satu industri yang menjadi sasaran kami adalah perbankan dan finance yang tentu membutuhkan layanan audit dan sertifikasi pusat data standar internasional,” ujar Tjendradjaja Tungga, Presiden Direktur DCI.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.5866 seconds (0.1#10.140)