Xiaomi Terus-terusan Bangun Pabrik Ponsel di India

Rabu, 11 April 2018 - 11:01 WIB
Xiaomi Terus-terusan Bangun Pabrik Ponsel di India
Xiaomi Terus-terusan Bangun Pabrik Ponsel di India
A A A
NEW DELHI - India menjadi pasar kedua terberas bagi para pabrikan teknologi China untuk melipatgandakan penjualannya. Terkait target itu, Xiaomi mengumumkan akan memproduksi PCB atau Printed Circuit Board di India secara lokal.

PCB adalah komponen kunci di hampir setiap perangkat elektronik dan papan plastik, di mana komponen lain disolder sehingga memungkinkan konektivitas di antara mereka. Xiaomi juga mengumumkan tiga pabrik manufaktur smartphone terbarunya di India.

Pabrik-pabrik ini dibangun dalam kemitraan dengan Foxconn dengan lokasi di kampus-kampus di Sri City, Andhra Pradesh dan kampus baru di Sriperumbudur, Tamil Nadu. Luas lahannya mencapai 18 hektare (ha). Xiaomi juga memproduksi smartphone di pabrik Noida, Uttar Pradesh, yang dibangun dalam kemitraan dengan Hipad, sebelumnya perusahaan itu hanya memproduksi powerbank.

Saat ini, Xiaomi memiliki total enam pabrik di India yang semuanya memproduksi ponsel pintar. Perusahaan mengklaim 95% dari smartphone yang dijual di India diproduksi secara lokal.

Laman Phone Arena, Selasa (10/4/2018) menyebutkan, pabrik-pabrik yang dibangun dengan Foxconn mempekerjakan lebih dari 10.000 orang. Rinciannya lebih dari 95% adalah wanita dan semua pekerjaan perakitan juga dilakukan oleh kaum hawa.

Xiaomi saat ini adalah pemain nomor satu ponsel pintar di India dengan 26,8% pangsa pasar secara keseluruhan pada Q4 2017. Perusahaan ini juga memimpin segmen smartphone online, dengan penguasaan pasar hingga 57%.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0307 seconds (0.1#10.140)