Kabin Mitsubishi Xpander Senyap, Jalan Menanjak Berliku Tak Soal

Senin, 12 Maret 2018 - 05:01 WIB
Kabin Mitsubishi Xpander Senyap, Jalan Menanjak Berliku Tak Soal
Kabin Mitsubishi Xpander Senyap, Jalan Menanjak Berliku Tak Soal
A A A
SEMARANG - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memberi kesempatan kepada para awak media untuk kembali menjajal kemampuan Xpander, akhir pekan kemarin. SINDOnews pun ikut berpartisipasi dalam acara ini dengan menempuh jalur Yogyakarta-Semarang.

Tiba di Kota Gudeg, rombongan langsung diajak berkeliling Yogyakarta dengan tujuan akhir Kaliurang untuk menikmati keindahan Gunung Merapi. Menghadapi padatnya lalu lintas Kota Yogyakarta, small MPV garapan Mitsubishi ini masih cukup nyaman.

Bentuk bodi yang tidak terlalu besar memang sangat membantu untuk membelah padatnya jalan perkotaan. Terlebih di sini tim SINDOnews mendapat unit transmisi matic dengan tipe Sport.

Selesai beristirahat sejenak sambil menikmati kuliner khas daerah setempat, perjalanan pun dilanjut menuju ke Kota Semarang, Jawa Tengah. Di sini Xpander "disiksa" untuk melewati jalan menanjak dan berliku.
Kabin Mitsubishi Xpander Senyap, Jalan Menanjak Berliku Tak Soal

Sempat beberapa kali tertahan di jalanan menanjak, ternyata tenaga yang diantarkan mesin sangatlah responsif. Alhasil mobil dapat melaju dengan mudah meski terhenti di jalan menanjak.

Hal ini tampaknya sedikit mematahkan anggapan bahwa mobil dengan penggerak roda depan akan agak kesulitan untuk menghadapi jalur menanjak. Karena kalau biasanya mobil dengan transmisi matic boyo saat ditanjakan, hal ini tidak dirasakan pada Xpander.

Selain itu, menariknya handling dari Xpander terasa sangat nyaman saat bermanuver. Alhasil saat berkendara, baik pengemudi maupun penumpang yang berada di dalam kabin masih dapat merasakan kenyamanan.

Jauh meninggalkan Daerah Istimewa Yogyakarta, untuk menuju Kota Semarang rombongan memilih memasuki jalan tol. Di sini lagi-lagi Xpander diuji performanya.

Ketika tancap gas, putaran bawah Xpander terasa begitu menyentak. Dengan begitu mobil tidak butuh waktu lama untuk mencapai kecepatan tinggi.

Memang saat diputaran tengah mobil terasa agak sedikit delay, tapi tak perlu waktu lama untuk mencapai top performa. Tidak disangka, saat pedal gas dibetot mobil sudah mencapai kecepatan 150 km/jam.

Istimewanya, saat berada kecepatan tinggi mobil ternyata tidak terasa limbung alias tetap stabil. Meskipun aksi ini tidak patut di contoh. Sebab dengan konsep mobil keluarga, memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi tentu bukan jagonya.

Bagaimana dengan kabinnya? Xpander memiliki tingkat kebisingan yang rendah sehingga percakapan antarpenumpang tidak akan terganggu. Selain itu, dengan penggunaan panoramic windshield yang terbuat dari kaca tebal kedap suara dan dilapisi penyerap bunyi, maka bunyi bising dari luar kabin terdengar senyap. Alhasil, lingkungan di dalam kabin lebih tenang.

Tidak hanya itu, di dalam kabin Xpander terdapat banyak ruang penyimpanan yang tentunya sangat membantu penggunanya.

Guna menghindari kejenuhan saat berkendara, sistem hiburan dapat dihubungkan ke fitur Bluetooth smartphone untuk melakukan panggilan dengan mode hands-free dan sambungan koneksi internet. Terdapat slot USB pada tiap baris kursi yang dilengkapi dengan soket listrik 12 volt.

Xpander sendiri didukung oleh mesin bensin 1.5L, 16 katup, 105 ps, dilengkapi dengan Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control (MIVEC) untuk menghasilkan output berdaya lebih tinggi. Dan tentunya rendah konsumsi bahan bakar. Mesinnya dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8333 seconds (0.1#10.140)