Saat Instagram Ustaz Abdul Somad Diblokir, Ini Tindakan Kominfo

Minggu, 25 Februari 2018 - 18:05 WIB
Saat Instagram Ustaz Abdul Somad Diblokir, Ini Tindakan Kominfo
Saat Instagram Ustaz Abdul Somad Diblokir, Ini Tindakan Kominfo
A A A
JAKARTA - Akun Instragram (IG) resmi (official) Ustaz Abdul Somad di-suspend sejak Sabtu malam (24/2/2018) dan akun ini baru bisa diakses Minggu sore (25/2/2018).

Biasanya pemblokiran atau penutupan sebuah akun disebabkan beberapa pemicu. Di antaranya, mem-posting foto dan atau video yang mengandung unsur SARA; mengunggah foto tanpa busana; memberikan komentar-komentar yang kurang pantas; dan memberikan informasi mengganggu yang bisa menyudutkan pengguna akun Instagram lain. (Baca juga: Akun Instagram Diblokir, Ini Reaksi Ustaz Abdul Somad )

Namun empat hal tersebut tak dilakukan oleh akun resmi IG Ustaz Abdul Somad. Setidaknya hal itu tergambar dari apa yang disampaikan kementerian terkait.

Saat dikonfirmasi apakah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendapatkan keluhan dari masyarakat terkait aktivitas akun IG resmi ustaz kelahiran Pekanbaru itu, Plt Kepala Biro Humas Kominfo, Noor Iza menegaskan, pihaknya tak menerima keluhan dari masyarakat atas akun tersebut.

"Kami sudah konsolidasi secara internal dan tak ada aduan dari masyarakat terkait aktivitas akun ini (Ustaz Abdul Somad)," kata Noor Iza kepada SINDOnews dalam pesan singkatnya melalui WhatsApp, Minggu (25/2/2018).

Dikatakannya, Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika juga melakukan pengecekan terhadap tindakan Instagram/Facebook. Namun Noor Iza tak memberikan jawaban ketika ditanya apa hasil pengecekan itu.

Dia pun tak menjawab apakah nantinya Kementerian akan meminta keterangan resmi dari Instagram atas kegaduhan yang dibuatnya di dunia maya ini. Yang jelas tak lama setelah Kominfo menyatakan pejabatnya melakukan pengecekan ke Instagram/Facebook, akun IG resmi milik Ustaz Abdul Somad langsung aktif kembali dan bisa diakses siapapun. (Baca juga: Diprotes Warganet, Instagram Pulihkan Akun Ustaz Abdul Somad )
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6013 seconds (0.1#10.140)