Dipakai Samsung, Teknologi Fingerprint Paling Mudah Dibobol

Kamis, 28 Desember 2017 - 15:06 WIB
Dipakai Samsung, Teknologi Fingerprint Paling Mudah Dibobol
Dipakai Samsung, Teknologi Fingerprint Paling Mudah Dibobol
A A A
MOSCOW - Samsung dikabarkan akan segera merilis Samsung S9 dan S9 Plus dengan teknologi sensor pemindai sidik jari (fingerprint). Namun sayang teknologi dituding teknologi yang paling mudah diretas.

Seperti dilansir dari The Sun, Kamis (28/12/2017), hal tersebut terungkap berdasarkan laporan bahwa, Kelompok Peretas Rusia yang mengklaim telah mencuri sidik jari jutaan orang Amerika dengan menyembunyikan kode rahasia perangkat lunak yang kemudian dibeli oleh FBI.

Sistem FINGERPRINT yang digunakan oleh FBI dan badan penegak hukum lainnya berisi kode paling mudah diretas dan ditulis oleh perusahaan Rusia yang terkait dengan Kremlin.

Penggunan teknogi fingerprint telah memicu kekhawatiran bahwa peretas Rusia sekarang dapat mengakses informasi biometrik yang sensitif terhadap jutaan orang Amerika dan bahkan menyusup ke sistem komputer lembaga - mengkompromikan keamanan nasional.

Sebuah perusahaan Prancis bernama Sagem Sécurité - yang kemudian menamai Morpho - dikatakan telah memasukkan kode tersebut ke dalam perangkat lunak sidik jari FBI dan 18.000 agen penegak hukum Amerika lainnya.

Ini dikhawatirkan hacker Rusia sekarang mungkin memiliki akses ke sidik jari jutaan orang Amerika

Samsung telah menentukan titik fingerprint S9, jika Galaxy S8 dengan sensor pemindai sidik jari (fingerprint) di bagian belakang, tepatnya di dekat kamera. Posisi fingerprint juga tidak berubah pada Galaxy S9

Seperti diberitakan laman GSM Arena,mendapatkan tangkapan layar dari aplikasi Samsung Health, menunjukkan pemindai sidik jari masih berada di belakang.

Susunannya sedikit berubah, lampu flash kamera berada di sebelah kanan dan pemindai sidik jari ada di bawah kamera belakang. Lokasi baru pemindai sidik jari itu diharapkan dapat mengatasi ketidaknyamanan mengakses scanner yang ada di ponsel saat ini, karena sering tertukar dengan lensa kamera.

Samsung biasanya meluncurkan perangkatnya setelah MWC berlangsung. Mobile World Congress 2018 sendiri dimulai pada 26 Februari dan Samsung dikabarkan akan mengumumkan Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus sehari sebelum tanggal 25 Februari 2017.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8754 seconds (0.1#10.140)