Sharp Klaim Kuasai Pasar Lemari Es Nasional

Kamis, 21 Desember 2017 - 01:01 WIB
Sharp Klaim Kuasai Pasar Lemari Es Nasional
Sharp Klaim Kuasai Pasar Lemari Es Nasional
A A A
JAKARTA - Kondisi industri elektronik nasional boleh minus, tapi PT Sharp Electronics Indonesia masih penuh percaya diri menatap 2018 dengan membidik pertumbuhan hingga 30%.

Hal ini akan diwujudkan perusahaan dengan strategi menggelontorkan produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Khususnya bagi segmen pasar menengah ke atas.

"Karena di pasar menengah ke atas tak ada penurunan daya beli. Inilah yang membuat kami melepas lemari es Grand Vetro dan seri Shine Glass Door yang menyasar pasar menengah ke atas di akhir tahun ini, supaya tahun depan terjadi kenaikan penjualan," kata Andry Adi Utomo selaku National Sales General Manager PT Sharp Electronics Indonesia kepada wartawan saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (20/12/2017).

Dia menuturkan, kontribusi lemari es terhadap penjualan total Sharp sangat signifikan yakni 35%. Oleh sebab itu perusahaan ingin menggenjotnya lebih tinggi lagi dengan menawarkan seri Grand Vetro dan seri Shine Glass Door.

"Market share kami di lemari es kapasitas 300-an liter masih 18,2%. Kami juga ingin naikkan lagi jadi 30%. Caranya dengan membidik varian baru ini dapat terjual 60.000 unit per tahun atau 5.000 unit per bulan. Yang jelas untuk lemari es, tahun ini kami menjadi nomor satu dengan dominasi 26,6%," kata Andrew Gultom, Product Strategy Group Assistant General Manager PT Sharp Electronics Indonesia.

Perhatian Sharp Jepang
Keseriusan pabrikan asal Jepang tersebut dalam menggarap pasar elektronik Indonesia bisa terlihat dari kemauan Sharp mendesain khusus produknya di Indonesia. Para desainer dan ilmuwannya mengadopsi kebutuhan lokal ke dalam produk elektroniknya.

Khusus refrigerator (lemari es), Indonesia menjadi salah satu dari empat lokasi pendirian pabrik Sharp di dunia. Selain Indonesia, ada Jepang, Thailand, dan China.

"Produk untuk pasar Indonesia dirancang khusus sesuai kebutuhan lokal. Ada tiga fokus, yakni desainnya yang unik, low voltage, dan tetap dingin meskipun listrik tvoltage-nya naik turun atau bahkan mati sekalipun," kata Yasuo Takenaka, Senior Manager Refrigerator Product Planning Division Sharp Corporation pada kesempatan yang sama.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0297 seconds (0.1#10.140)