Aplikasi Tik Tok Bidik Gen Z Indonesia

Selasa, 19 Desember 2017 - 05:17 WIB
Aplikasi Tik Tok Bidik Gen Z Indonesia
Aplikasi Tik Tok Bidik Gen Z Indonesia
A A A
JAKARTA - Aplikasi Tik Tok yang merupakan platform video musik dan jaringan sosial dari raksasa digital China, ByteDance membidik Generasi Z dan generasi milenial Indonesia. ByteDance merupakan salah satu perusahaan IT terbesar dengan pertumbuhan paling pesat di China.

Produk situs andalannya, TouTiao adalah platform berbasis artificial intelligence (AI) terbesar di China. Untuk memperluas ekspansi globalnya, ByteDance telah membeli Musical.ly, platform video musik global.

"Tik Tok akan berkolaborasi dengan Musical.ly untuk menumbuhkan komunitas pencipta konten yang lebih kuat di Indonesia. Di China, Tik Tok sudah menjadi salah satu aplikasi dengan pertumbuhan tercepat dan komunitas video musik terpopuler, berkat teknologi canggih dan mudah digunakan yang mereka tawarkan," ujar Head of Global Operation and Marketing Tik Tok, Vivienne Gong dalam keterangan tertulisnya, Senin (18/12/2017).

Dirancang untuk generasi baru para pencipta konten digital dan media sosial, Tik Tok memungkinkan pengguna dengan mudah membuat video pendek yang unik dan berbagi dengan teman-teman di seluruh dunia. Dengan memberdayakan lebih banyak pemikiran kreatif untuk menjadi bagian dari revolusi konten, aplikasi ini menjadi tolok ukur budaya baru bagi pencipta konten daring global, termasuk di Indonesia. Aplikasi seluler Tik Tok (versi bahasa Inggris) sekarang tersedia untuk diunduh di Google Play (Android) dan App Store (iOS).

"Tik Tok menjadikan ponsel Anda layaknya studio berjalan. Aplikasi ini mencakup efek khusus yang menarik perhatian dan mudah digunakan sehingga semua orang dapat membuat video yang menyenangkan dan menghibur dengan lebih mudah. Melalui kombinasi teknologi kecerdasan buatan dan pengambilan gambar, pembuatan video menjadi lebih mudah dan lebih sederhana dengan tampilan yang semakin bagus," kata Vivienne.

Untuk mengenalkan layanan kepada generasi milenial dan Gen Z di Indonesia, Tik Tok berkolaborasi dengan Djakarta Warehouse Project (DWP) 2017, yang diadakan di Jakarta pada tanggal 15-16 Desember 2017 lalu.

Dengan kemitraan tersebut, Tik Tok berpartisipasi sebagai mitra video kreatif resmi dengan membangun stan promosi di area DWP di JIExpo Kemayoran Jakarta dan mengadakan official warm up party yang menghadirkan para influencer Tik Tok di The Pallas SCBD Jakarta.

"Indonesia memiliki populasi pengguna internet terbesar ke enam di dunia, kami melihat peluang pasar yang sangat besar untuk aplikasi kami," kata Vivienne.

Sebagai mitra video kreatif resmi DWP, Tik Tok menghadirkan stan promosi mereka dan memberi kesempatan penggemar musik milenial untuk berinteraksi dengan musik trendi, efek dan stiker yang keren serta mengasah keterampilan video mereka dengan beragam fitur, seperti transisi yang halus dan bisa berganti setiap detiknya.

Menurut Vivienne, kemitraan dengan DWP 2017 ini merupakan salah satu kolaborasi strategis untuk Tik Tok. Platform video pendek global yang trendi ini, yang diluncurkan di pasar Indonesia pada September 2017, terus meroket. Orang Indonesia terutama kaum milenial sangat meggandrunginya karena efeknya yang keren, stiker yang menyenangkan, dan sangat mudah digunakan.

Di Jepang misalnya, aplikasi ini bahkan pernah melampaui YouTube dan menduduki peringkat teratas pertama di kategori foto dan video di Google Play, dan telah mempertahankan peringkat yang sangat tinggi baik di Apple Store maupun Google Play.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6832 seconds (0.1#10.140)