Inilah Keunggulan AC Berteknologi Inverter untuk Gedung

Minggu, 19 November 2017 - 20:02 WIB
Inilah Keunggulan AC Berteknologi Inverter untuk Gedung
Inilah Keunggulan AC Berteknologi Inverter untuk Gedung
A A A
JAKARTA - PT LG Electronics Indonesia baru-baru ini menyosialisasikan penggunaan teknologi inverter pada produk AC komersialnya. Berlabel Multi V 5 VRF (Variable Refrigerant Flow), solusi pendingin ruangan untuk gedung tersebut diklaim lebih hemat energi dan ramah lingkungan.

Merujuk pada berbagai inovasi yang terbenam dalam Multi V 5 VRF, pengembangan Multi V 5 VRF terfokus pada dua faktor utama yaitu penggunaan energi lebih efisien dan kenyamanan penggunaan. Kedua fokus inilah yang kemudian mewarnai empat fitur utamanya, yaitu Dual Sensing Control, Ultimate Inverter Compressor, Ocean Black Fin, dan Continuous Heating.

Seperti apa nilai lebihnya? Berikut penjelasan Dae Hyun Kim, Air Conditioning Business Leader PT LG Electronics Indonesia kepada SINDOnews di Jakarta, baru-baru ini:

Dual Sensing Control
Fitur Dual Sensing Control membantu unit pendingin ruangan ini mengevaluasi kondisi iklim hingga detail terkecil. Bila sistem pendingin ruangan konvensional hanya melacak suhu, LG MULTI V 5 melakukan pengukuran suhu dan tingkat kelembaban dalam ruangan maupun lingkungan luar ruang yang melingkupinya.

Dengan parameter pengukuran lebih komprehensif, LG Multi V 5 memiliki kemampuan lebih baik dalam menentukan tingkat efisiensi energi optimal dalam pengoperasiannya. "Di sisi lain, kerja pintar fitur ini sekaligus membuatnya dapat memastikan kondisi pendinginan ruang berada pada tingkat kenyamanan lebih tepat," kata Dae Hyun Kim.

Kerja unik Dual Sensing Control ini tak lepas dari sistem efisien Smart Load Control di dalamnya. Berbeda dengan kerja pendingin ruangan kompetitor yang suhu refrigerant pendingin di unit luar selalu berfluktuasi, Smart Load Control pada LG Multi V 5 bekerja terus menerus mengendalikan tingkat suhu refrigeran pendingin pada unit luarnya.

"Tingkat fluktuasi suhu yang lebih minim inilah yang membuatnya mampu meningkatkan efisiensi energi dari 15-31% bergantung pada kondisi tingkat kelembaban sekitar," sebutnya.

Bekerja paralel di sisi dalam ruang, Dual Sensing Control pada LG Multi V 5 memiliki fungsi Comfort Cooling. Dari namanya, fungsi ini berguna menjaga suhu ruang berada pada tingkat yang memberi kenyamanan optimal sepanjang pengoperasiannya.

Ultimate Inverter Compressor
Tak sekadar penamaan, kata Ultimate yang melekat pada kompresor berteknologi inverter ini merujuk pada kemampuan besarnya dalam memberikan tingkat efisiensi dan performa kerja yang diklaim lebih andal.

Salah satu pengembangan kompresor ini terlihat dari peningkatan rentang putaran kompresor. Bila generasi sebelumnya hanya mampu beroperasi pada rentang 15-150 Hz, kompresor generasi terkini yang dibawa LG Multi V 5 sanggup beroperasi dalam rentang 10-165 Hz. Semakin melebarnya rentang ini memberikan kemampuan lebih baik bagi perangkat untuk bekerja lebih efisien dalam penggunaan energi, sekaligus lebih cepat mencapai suhu yang diinginkan.

"Membuat pengoperasiannya semakin efisien, kami menerapkan bantalan dari material khusus yaitu PEEK (polyetheretherketone). Pilihan pada material yang biasa digunakan pada mesin pesawat ini tak lepas dari karakteristik khas bahan yang dapat bekerja pada rentang waktu tertentu tanpa membutuhkan pelumasan," paparnya.

Melengkapi seluruh kerja istimewanya LG Multi V 5 dibuat dengan sistem pelumasan canggih bertajuk Smart Oil Management. Sesuai namanya, sensor pada sistem pelumasan ini bekerja secara real-time memonitor keseimbangan pelumasan pada kompresor.

Dengan sensor pintar ini, lanjut Dae Hyun Kim, pelumasan benar-benar dapat dilakukan hanya saat diperlukan. Tanpa pelumasan yang terbuang sia-sia, membuat sistem beroperasi dengan optimal sekaligus menjaga ketahanan dari kompresor itu sendiri.

Kapasitas ODU Besar
Kinerja kompresor yang lebih baik ini mendukung penuh desain kipas biomimetic (biomimetic fan)inovatif dan penyalur panas 4 sisi (4-sided heat exchanger). Kerja terintegrasi inilah yang kemudian memungkinkan sebuah ODU LG Multi V 5 mencapai 26 HP.

Di sisi lain, LG pun mengaplikasikan penelitian dari Departemen Teknik Mesin dan Kedirgantaraan (Aerospace) dari Seoul National University. Hal yang membuat para ahli di balik pengembangan LG Multi V 5 mengambil inspirasi dari sirip ikan paus bungkuk saat merancang kipas pada pendingin ruangan skala gedung LG terbaru ini.

"Hal ini salah satunya berimbas pada meningkatnya kapasitas hembusan angin yang dihasilkan kipas biomimetiknya," klaimnya.

Ocean Black Fin
Memastikan seluruh keandalan LG Multi V 5 dapat terjaga performanya untuk rentang waktu panjang, LG menanamkan Ocean Black Fin sebagai penukar panas (heat exchanger) yang dilengkapi Dual Protection. Perlindungan ganda ini berwujud terapan dua lapisan yang pula terlapisi material khusus pada kedua sisinya.

Sengaja dibuat demikian untuk memastikan LG Multi V 5 terlindung dari berbagai substansi penyebab korosi atau karat. Seperti halnya garam, pasir dan elemen lain yang terbawa angin laut ataupun polusi industrial yang didapat dari lingkungan sekitar.

Sementara kata "black" merujuk pada lapisan khusus berwarna hitam pada penukar panas Ocean Black Fin yang bekerja memastikan air tak terakumulasi berlebih dalam unit. Hal ini berguna untuk meminimalisir kelembaban berlebih pada unit LG Multi V 5. “Berbagai peningkatan pada ketahanan ini disamping memberikan usia penggunaan lebih panjang juga membuat biaya pemeliharaan yang lebih rendah,” pungkas Dae Hyun Kim.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1205 seconds (0.1#10.140)