Mastel: Wajar XL Lepas Elevenia

Jum'at, 25 Agustus 2017 - 16:40 WIB
Mastel: Wajar XL Lepas Elevenia
Mastel: Wajar XL Lepas Elevenia
A A A
JAKARTA - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mengumumkan telah melepas seluruh kepemilikan sahamnya di PT XL Planet (Elevenia) termasuk juga seluruh saham dari SK Planet Global Holdings Pte Ltd (SK Planet) kepada PT Jaya Kencana Mulia Lestari dan Superb Premium Pte Ltd.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum Masyarakat Telematika (Mastel) Kristiano menilai apa yang dilakukan XL merupakan sesuatu yang wajar.

"Wajar XL melepas Elevenia karena memang tidak mudah mengelola bisnis telekomunikasi dan e-commerce bersamaan karena karakter dan binis model yang berbeda," ujar Kristianto kepada SINDOnews di Jakarta, Jumat (25/8/2017)

Lebih lanjut, dia menyebutkan, saat ini sudah ada beberapa e-commerce yang masuk kategori Unicorn dengan valuasi di atas USD1 miliar. Contoh yang baru-baru ini adalah Tokopedia.

"Untuk bisa bersaing butuh inject capital yang sangat besar dan risiko yang juga besar," jelasnya.

Sebelumnya, CEO PT XL Axiata, Dian Siswarini menjelaskan, keputusan ini diambil melalui perhitungan yang cermat terhadap berbagai opsi yang dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan.

"Hal ini memungkinkan kami lebih fokus sebagai penyedia jasa layanan telekomunikasi data. Sementara dukungan terhadap industri e-Commerce akan tetap kami lakukan melalui fitur-fitur digital di layanan data yang kami sediakan untuk pelanggan,” terangnya.

Sektor e-commerce telah tumbuh sangat pesat dengan terlalu banyak pemain. Kompetisi yang ketat akhirnya mendorong sektor ini ke dalam model bisnis dengan investasi besar. Pendatang baru dari pemain besar yang didukung investor raksasa telah menyebabkan kompetisi yang semakin keras dan jurang ketidakpastian yang semakin dalam terhadap tercapainya profitabilitas.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1618 seconds (0.1#10.140)