Geser iPhone, Jajaran Smartphone Lokal Rajai Penjualan di China

Kamis, 27 Juli 2017 - 20:02 WIB
Geser iPhone, Jajaran Smartphone Lokal Rajai Penjualan di China
Geser iPhone, Jajaran Smartphone Lokal Rajai Penjualan di China
A A A
BEIJING - iPhone mungkin saja menjadi smartphone terpopuler untuk saat ini. Namun nyatanya kepopuleran perangkat besutan Apple ini tidak berdaya di China.

Sebagaimana dilansir dari Phone Arena, Kamis (27/7/2017), penjualan iPhone dilaporkan mengalami penyusutan sejak tahun lal. Sementara di negeri tirain bambu, penjualan iPhone masih mengalami penurunan hingga kuartal kedua 2017.

Berdasarkan data yang dibeberkan perusahaan analisis Canalys, di China iPhone hanya mampu bertengger di urutan nomor lima. Penurunan di 2016 jadi yang pertama sejak 2012.

Merosotnya kepopuleran iPhone nyatanya bukan tanpa sebab. Kesuksesan brand lokal seperti Huawei, OPPO, Vivo, dan Xiaomi mampu menggeser pabrikan yang bermarkas di Amerika Serikat (AS) tersebut.

Bahkan laporan kuartal kedua menunjukkan, Huawei berhasil menempati urutan teratas dengan hasil penjualan mencapai 23 juta unit smartphone.

Sementara itu, OPPO berada diurutan kedua yang mampu menjual 21 juta unit smartphone dalam periode April hingga Juni 2017. Vivo, menyusul di tempat ketiga dan Xiaomi diurutan keempat.

Apple berada di urutan kelima. Tapi sayangnya, perusahaan tak membeberkan angka penjualan. Selain itu, dijabatkan bila penjualan di China saat ini telah mengalami penurunan tahunan sebesar 14% di periode yang sama.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1006 seconds (0.1#10.140)