SMA Blackburn Diserang Virus WannaCry

Jum'at, 26 Mei 2017 - 10:05 WIB
SMA Blackburn Diserang Virus WannaCry
SMA Blackburn Diserang Virus WannaCry
A A A
MELBOURNE - Aksi peretasan tentu saja bukan menjadi barang baru dalam dunia maya. Bahkan belum lama ini, beberapa negara sempat dihebohkan dengan aksi peretasan melalui penyebaran virus WannaCry yang menyerang sistem layanan rumash sakit.

Uniknya, aksi peretasan kembali terjadi di Melbourne, Australia, hanay saja kali ini anak sebuah sekolah menengah atas (SMA) yang menjadi sasarannya. Dalam kasus ini, peretas mencuri informasi pribadi siswa dengan berpura-pura menjadi kepala sekolah kepada orang tua murid. Peretas mengirimkan pesan palsu untuk meminta sejumlah uang.

Salah seorang korban mengatakan bahwa mereka menerima e-mail dari website tempat anaknya bersekolah. Email tersebut meminta untuk segera memasukkan rincian kartu kredit yang dimiliki.

"Saya yakin sejumlah orangtua benar-benar memberikan rincian kartu kredit mereka," kata salah seorang wali murid yang tak disebutkan namanya tersebut," seperti dikutip dari The Guardian, Kamis (25/5/2017).

Pada 19 Mei 2017, pihak sekolah akhirnya menyadari bila data sekolah mereka telah diakses dan diunggah ke setidaknya satu situs berbagi file, termasuk rincian siswa saat ini dan masa lalu. Atas kasus tersebut, departemen pendidikan Victoria bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk mengidentifikasi peretas yang secara ilegal mengunduh informasi dari sistem komputer SMA Blackburn.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2230 seconds (0.1#10.140)