Lewat Boneka, Hacker Bisa Curi Data

Jum'at, 03 Maret 2017 - 11:59 WIB
Lewat Boneka, Hacker...
Lewat Boneka, Hacker Bisa Curi Data
A A A
CALIFORNIA - Hacker memang memiliki berbagai cara untuk menjerat mangsanya. Setelah menyerang berbagai perangkat untuk mencuri data penting, kini hacker mulai merambah ke mainan anak.

Seperti dilansir dari Mashable, Jumat (3/3/2017), di Amerika Serikat (AS), para orang tua dikagetkan dengan boneka anak-anak yang dijadikan alat hacker. Dimana sebuah boneka bernama CloudPets yang memiliki kemampuan merekam suara dijadikan alatnya.

Alhasil, dari boneka ini hacker berhasil membocorkan sebanyak 2 juta pesan suara antara sang anak dengan orangtua. Tidak hanya itu, melalui boneka ini para hacker juga berhasil mencuri sebanyak 820 ribu data pengguna.

Dalam hal ini, Pakar keamanan Troy Hunt melihat hal ini akibat kurang waspadanya perusahaan boneka dalam melihat celah tersebut.

"Dalam kasus ini, data yang disimpan ternyata ada di dalam segmen network publik. Spiral Toys tidak mengetahui bahwa jaringan itu tak aman dan tidak membutuhkan otentikasi sama sekali. Jadinya, orang-orang bisa mencari database yang terekspos secara online di jaringan tersebut," kata Hunt.

Perusahaan boneka sendiri saat ini belum memberikan pernyataan resmi terkait insiden tersebut. Meski begitu, hal seperti ini bukan pertama kalinya terjadi.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8953 seconds (0.1#10.140)