Cara Sederhana Mengetahui Mobil Bekas Banjir

Sabtu, 17 Desember 2016 - 07:01 WIB
Cara Sederhana Mengetahui Mobil Bekas Banjir
Cara Sederhana Mengetahui Mobil Bekas Banjir
A A A
JIKA Anda sedang mencari kendaraan bekas atau seken jangan tertipu dengan tampilan bodi yang mulus. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah apakah kendaraan yang Anda taksir bekas banjir atau bukan.

Untuk memastikan mobil yang Anda inginkan bukan bekas banjir, ada beberapa langkah sederhana yang dapat dilakukan, tanpa perlu membongkar mesin.

Pertama, perhatikan buku servis mobil. Masih mulus atau sudah lusuh. Jika lapuk seperti bekas terendam air kemungkinan besar mobil yang Anda beli bekas banjir. Hal ini karena biasanya buku servis ditaruh di dalam mobil.

Kedua, masuklah ke dalam kendaraan. Jika di dalam tercium bau lembab atau bau seperti kain basah Anda patut waspada, berarti karpet atau interior di dalam kendaraan pernah terendam air.

Ketiga, perhatikan bagian bawah jok kendaraan. Karena bagian logam di bagian kursi tidak dicat tapi menggunakan dioda. Jika pernah terkena air dia akan berkarat. Bila dipegang akan menggerundul dan berbau seperti jempol kaki.

Keempat, buka panel penutup bodi bagian bawah dekat kursi. Jika dibuka di sela-sela ada lumpur menempel, berarti pernah ada air kotor masuk.

Untuk memastikan lagi, periksa bagian bawah setir atau dashboard. Jika di sela-sela soket ada lumpur atau karat-karat, dipastikan mobil tersebut pernah terkena banjir.

Perhatikan pula baut bagian dalam hand brake atau rem tangan. Walaupun sudah dibersihkan dengan hamplas halus biasanya warna karat tidak bisa dihilangkan.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2248 seconds (0.1#10.140)