Aceh Diguncang Gempa, Penyelenggara Telekomunikasi Didesak Beri Pelayanan Terbaik

Rabu, 07 Desember 2016 - 11:41 WIB
Aceh Diguncang Gempa, Penyelenggara Telekomunikasi Didesak Beri Pelayanan Terbaik
Aceh Diguncang Gempa, Penyelenggara Telekomunikasi Didesak Beri Pelayanan Terbaik
A A A
JAKARTA - Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Banda Aceh-Pidie Jaya pada pukul 05.03.36 WIB, Rabu 7 Desember 2016. Menteri Komunikasi dan Informatikan mendesak kepada para penyelenggara telekomunikasi memberikan pelayanan terbaik agar masyarakat mudah mengakses informasi tentang gempa Aceh.

Kementerian Kominfo telah melakukan koordinasi secara cepat dengan para penyelenggara telekomunikasi mengingat selain banyaknya pertanyaan dari masyarakat yang terus mengalir tentang kondisi layanan telekomunikasi, juga karena cukup banyaknya media yang ingin memperoleh informasi secara langsung dari Kementerian Kominfo.

" Kementerian Kominfo terus mengadakan koordinasi dan komunikasi dengan para penyelenggara telekomunikasi untuk memperoleh data yang terkini dan terus diperbaharui setiap 1 jam," tutur Humas Kementerian Kominfo (Gatot S. Dewa Broto, dalam keterangan resminya, Rabu (7/12/2016).

Kondisi jaringan para penyelenggara telekomunikasi di wilayah Aceh dan sekitarnya pada hitungan menit ke 10 pasca gempa bumi hingga menit ke 30 hanya sedikit mengalami stagnasi yang berarti, sehingga komunikasi tetap cukup lancar.

Hal ini akibat belum tingginya trafik telekomunikasi incoming maupun outgoing. Potensi congestion baru terjadi pada mulai sekitar jam 06.45 s/d. 08.15 yang mungkin disebabkan karena mulai merebaknya informasi tentang gempa bumi tersebut sehingga trafik telekomunikasi sedikit mengalami kenaikan dari dan ke Aceh dan sekitarnya.

Problem utama pada awal pasca terjadinya gempa bumi ini berupa kelangkaan pasokan listrik PLN untuk beberapa sarana telekomunikasi, khususnya untuk kebutuhan BTS. Namun demikian, karena sebagian energinya disuplai secara mandiri oleh keberadaan baterai non PLN yang ada, sehingga fungsi BTS tetap berhalan seperti biasa.

" Sejauh ini tidak ada kerusakan infrastruktur telekomunikasi yang dilaporkan, dan sejumlah STO serta jaringan kabel telekomunikasi yang ada juga tetap berfungsi dengan cukup baik, " tutur Garot

Namun, mengingat lokasi-lokasi yang terkena dampak gempa bumi ini pada umumnya berada di wilayah yang sangat terisolasi, maka Kementerian Kominfo mengingatkan para penyelenggara telekomunikasi untuk tetap mengutamakan kelancaran komunikasi untuk membantu penanganan pasca gempa bumi.

Kementerian Kominfo akan terus melakukan monitoring dan koordinasi dengan para penyelenggara telekomunikasi terhadap pemulihan pasca gempa bumi ini dan bilamana perlu memberitahukannya secara terbuka kepada masyarakat.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.4580 seconds (0.1#10.140)