YCM Siapkan Generasi Muda Majukan Industri Telekomunikasi

Jum'at, 18 November 2016 - 14:13 WIB
YCM Siapkan Generasi Muda Majukan Industri Telekomunikasi
YCM Siapkan Generasi Muda Majukan Industri Telekomunikasi
A A A
JAKARTA - Sebagai negara yang menempati posisi ketiga untuk pertumbuhan ekonomi tertinggi, setelah China dan India, pemerintah Indonesia mencanangkan visi untuk menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada 2020.

Pertumbuhan di tengah melambatnya ekonomi global, tidak bisa dilepaskan dari dukungan sektor teknologi informasi dan komunikasi (TIK), terutama teknologi digital. Teknologi digital tidak bisa dilepaskan dari peran aktif generasi milenial, generasi muda dengan pendidikan berkualitas sehingga tidak hanya sebagai creator, developer maupun user dari dunia digital.

Hal tersebut yang melatarbelakangi Yayasan Cendekia Milenia (YCM) menggelar malam penggalangan dana oleh para pelaku industri TIK yang hasilnya akan diperuntukkan bagi pendidikan generasi muda Indonesia. Tujuannya, untuk memajukan pendidikan di bidang teknologi digital yang semakin maju.

YCM adalah yayasan sosial dan nirlaba yang berfokus pada pendidikan bagi generasi milenial Indonesia. YCM juga berfokus menyiapkan talenta unggul dengan basis pendidikan yang kuat serta menguasai teknologi digital untuk menjadi pemain utama di dunia telekomunikasi Indonesia dan dunia digital di masa depan.

"Target besar pemerintah melakukan revolusi digital untuk merevoluasi ekonomi Indonesia akan lebih cepat tercapai dengan partisipasi banyak pihak. Ini adalah upaya YCM untuk mengajak para pelaku industri TIK Tanah Air untuk berperan aktif dalam menyiapkan generasi milenial unggul," kata Dewan Pembina YCM, Alexander Rusli dalam rilisnya, Jumat 918/11/2016).

Menurutnya, kegiatan tersebut juga untuk mendorong semangat generasi muda menjadi pemain utama di dunia digital Indonesia dan bukan sekadar menjadi pengguna produk buatan bangsa lain.

Dana yang terkumpul akan digunakan untuk kegiatan sosial edukatif yang selama ini telah dirintis dan dijalankan YCM sejak 2013. Selama ini, YCM sudah menyeleksi sekitar 700 talenta dan menyalurkan beasiswa kepada 28 milenial untuk melanjutkan pendidikan S1 dan S2 di universitas terkemuka di dalam dan luar negeri.

Selain itu, YCM juga aktif menyelenggarakan berbagai aktivitas pendidikan nonformal seperti workshop dan training. Para milenial ternyata memiliki kesempatan cukup rendah untuk mendapatkan jenjang pendidikan tinggi.

Dari sekitar 111 juta tenaga kerja di Indonesia, kurang dari 10 persennya merupakan lulusan perguruan tinggi. Pendidikan yang lebih tinggi akan membuka kesempatan lebih baik bagi milenial memanfaatkan perkembangan dunia telekomunikasi.

Di sisi lain, industri telekomunikasi Indonesia akan lebih maju bila semakin banyak tersedia sumber daya andal. Ke depannya, YCM akan memberikan pembekalan digital dan memfasilitasi interaksi aktif ke perusahaan-perusahaan telekomunikasi terdepan.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8801 seconds (0.1#10.140)