Astra Luncurkan Microsite Aman Berlalu Lintas

Kamis, 08 September 2016 - 08:09 WIB
Astra Luncurkan Microsite Aman Berlalu Lintas
Astra Luncurkan Microsite Aman Berlalu Lintas
A A A
YOGYAKARTA - Sebagai bentuk kampanya safety riding di Indonesia, Astra meluncurkan Microsite Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL). Dalam microsite tersebut, ada berbagai informasi dan artikel terkait keselamatan berkendara, dan kegiatan komunitas.

Chief Executive Astra Motor, Sigit Kumala mengatakan, Astra merupakan perusahaan dengan core bisnis utama penjualan kendaraan bermotor. Ia mengakui jika Astra menjadi penyumbang banyaknya kendaraan bermotor di tanah air. Setidaknya 16 juta kedaraan sudah ada di Indonesia, salah satu kontribusinya adalah dari Astra.

"Kami memang merasa bertanggungjawab terkait dengan keamanan dan keselamatan berlalu lintas,"tuturnya saat launching microsite IAABL di Safety Riding Yogyakarta, Rabu (7/9).

Sigit mengatakan, sebenarnya Astra juga telah menyumbang infrastruktur jalan sebagai bentuk pertanggungjawaban terkait dengan kenyamanan lalu lintas. Astra telah memiliki jalan tol yang bisa digunakan oleh masyarakat. Namun tidak banyak masyarakat yang mengetahui terkait keberadaan jalan tol tersebut.

Selain itu, secara khusus Astra terutama Astra Motor telah berkampanye safety riding di setiap kesempatan. Astra telah meluncurkan gerakan kampanye safety riding sejak tahun 2014 lalu dan masih berlangsung sampai sekarang. Bahkan Astra Motor telah memasukan pendidikan safety riding di dalam kurikulum mulai SD hingga perguruan tinggi.

Astra Motor juga telah mendidikan Astra Motor Safety Riding Center di Yogyakarta. Pihaknya membangun sebuah tempat yang dikemas secara khusus untuk memberikan pendidikan terkait dengan keselamatan berkendara. Selain memberikan teori, di dalam bangunan ini juga disediakan tempat untuk praktek terkait safety riding.

"Respon masyarakat cukup bagus terkait dengan safety riding ini. Tak hanya instansi pemerintah, perusahaan swasta juga sering menggunakan lokasi ini untuk memberikan edukasi safety riding sebelum membeli kendaraan,"paparnya.

Tak hanya itu, Astra Motor juga telah membentuk Kampung Safety Riding di Semarang. Setidaknya ada 47 RT di Semarang yang terbentuk menjadi Kampung Safety Riding. Di kampung ini, lanjutnya, Astra terus memberikan pendidikan terkait safety riding. Tujuannya memang untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di wilayah tersebut terkait keselamatan berkendara.

Awalnya, lanjutnya, di wilayah Kampung Safety Riding ini, perilaku masyarakat di dalam berkendara jauh dari norma atau peraturan lalu lintas. Warga sering berkendara secara ugal-ugalan, tidak mengenakan helm bahkan lampu sengaja dilepas biar terkesan sangar. Dengan terbentuknya kampung safety riding ini, pihaknya melakukan edukasi hingga memasang rambu-rambu lalu lintas.

"Awalnya di kampung Safety Riding angka kecelakaan mencapai 3.000, namun sejak terbentuk Kampung Safety Riding angka kecelakaan menurun drastis menjadi 600 kali,"klaimnya.

Direktorat Dikyasa Polda DIY, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) M Faisal mengakui keselamatan berkendara kini memang banyak dikesampingkan. Dan menyadarkan masyarakat terkait safety riding. Ia menyadari, karena berkendara di jalan menyangkut orang banyak. Ketika mereka berkendara, ada lawan berkendara lain yang belum tentu tertib berlalu lintas. "Makanya sangat susah. Pendidikan safety riding itu perlu,"tandasnya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0976 seconds (0.1#10.140)
pixels